Pola Asuh Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Remaja Di Panti Asuhan Putri Aisyiyah Jember

Khoiriah, Luluk (2024) Pola Asuh Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Remaja Di Panti Asuhan Putri Aisyiyah Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-035-BKI-2024)
SKRIPSI LULUK KHOIRIAH 204103030018.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Luluk Khoiriah, 2024: Pola Asuh Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Remaja Di Panti Asuhan Putri Aisyiyah Jember

Kata Kunci: Pola Asuh, Kepercayaan Diri, Remaja

Pola asuh dalam meningkatkan kepercayaan diri di Panti Asuhan Putri Aisyiyah tidak dirumuskan secara sistematis, akan tetapi pada pelaksanaannya, pola asuh dilakukan oleh pengasuh panti asuhan. Penelitian ini memfokuskan pelaksanaan pola asuh dalam meningkatkan kepercayaan diri pada remaja di Panti Asuhan Putri Aisyiyah Jember.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pola asuh dalam meningkatkan kepercayaan diri remaja di Panti Asuhan Putri Aisyiyah Jember?, 2) Apa hambatan dan dukungan pola asuh dalam meningkatkan kepercayaan diri pada remaja di Panti Asuhan Putri Aisyiyah Jember?, 3) Apa jenis kepercayaan diri yang dimiliki remaja di Panti Asuhan Putri Aisyiyah Jember?.
Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah:1) Untuk mengetahui pola asuh dalam meningkatkan kepercayaan diri remaja di Panti Asuhan Putri Aisyiyah Jember . 2) Untuk mengetahui hambatan dan dukungan pola asuh dalam meningkatkan kepercayaan diri pada remaja di Panti Asuhan Putri Aisyiyah Jember . 3) Untuk mengetahui jenis kepercayaan diri yang dimiliki remaja di Panti Asuhan Putri Aisyiyah Jember .
Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini dilakukan di lokasi Panti Asuhan Putri Aisyiyah Jember. Melalui teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah reduksi, penjabaran dan penarikan kesimpulan terhadap data. Dan menggunakan metode triangulasi sebagai teknik mencari keabsahan data berupa triangulasi sumber dan metode.
Penelitian ini sampai pada tiga simpulan yaitu: 1) Pola asuh dalam meningkatkan kepercayaan diri pada remaja di Panti Asuhan Putri Aisyiyah Jember ini menggunakan pola asuh demokratis. Pola asuh demokratis ini diterapkan oleh pengasuh dalam bentuk kegiatan muhadharah, olahraga, kerja bakti dan bidang usaha. Selain kegiatan di panti, terdapat kegiatan di sekolah yang menunjang mereka untuk mengembangkan potensi dan meningkatkan kepercayaan diri mereka. 2) Hambatan pola asuh dalam meningkatkan kepercayaan diri pada remaja di Panti Asuhan Putri Aisyiyah Jember yaitu latar belakang atau lingkungan tempat tinggal, sub kultur budaya. Dukungan yang diberikan pengasuh yaitu dengan pemberian motivasi di saat kegiatan muhadharah, kegiatan olahraga dan kerja bakti, kegiatan ibadah dan kegiatan usaha. 3) Jenis kepercayaan diri yang dimiliki remaja di Panti Asuhan Putri Aisyiyah Jember yaitu kepercayaan diri spiritual dan emosional karena kebiasaan yang telah dilakukan di panti dengan kegiatan-kegiatan seperti muhadharah dan pembelajaran dengan sistem kepesantrenan. Secara emosional dibuktikan ketika melakukan kegiatan usaha, di mana mereka dapat menyatukan diri dengan orang lain dan mengontrol diri mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160702 Counselling, Welfare and Community Services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ms Luluk Khoiriah
Date Deposited: 20 Jun 2024 01:31
Last Modified: 07 Aug 2024 08:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33423

Actions (login required)

View Item View Item