Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Madrasah Aliyah Unggulan Darul Hidayah Benelanlor Kecamatan Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020.

MOH. SADAM THORIQ, ALI MAULANA (2020) Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Madrasah Aliyah Unggulan Darul Hidayah Benelanlor Kecamatan Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
MOH. SADAM THORIQ ALI MAULANA_T20151397.pdf

Download (157MB)

Abstract

Moh. Sadam Thoriq Ali Maulana, 2020: Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Madrasah Aliyah Unggulan Darul Hidayah Benelanlor Kecamatan Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020. Dalam pembelajaran akidah akhlak, guru diharuskan mampu menyajikan dan mentransfer materi dengan tepat dan efektif. Selain itu guru juga dituntut untuk menguasai strategi serta metode mengajar dengan baik menggunkan pendekatan saintifik dalam pembelajaran akidah akhlak di beberapa jenjang sekolah. Pembelajaran akidah akhlak dirasa mampu menanamkan nilai karakter kepada warga sekolah yang meliputi komponen pengetahuan kesadaran atau kemauan dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai menjadi manusia yang mulia. Madarasah Aliyah Unggulan Darul Hidayah Desa Benelanlor Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi yang menerapkan pembelajaran akidah akhlak menggunakan kurikulum 2013 sejak pertamakali madrasah memulai pembelajaran akidah akhlak. Sehingga dengan adanya pendekatan saintifik dalam pembelajaran akidah akhlak dianggap mampu membantu kegiatan belajar mengajar. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Aliyah Unggulan Darul Hidayah Benelanlor Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi tahun pelajaran 2019-2020?. 2) Bagaimana model pendekatan saintifik dalam pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Aliyah Unggulan Darul Hidayah Benelanlor Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019-2020? Tujuan penelitian ini 1) Mendeskripsikan penerapam pendekatan saintifik dalam pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Aliyah Unggulan Darul Hidayah Benelanlor Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi tahun pelajaran 2019/2020. 2) Mendeskripsikan model pendekatan saintifik dalam pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Aliyah Unggulan Darul Hidayah Benelanlor Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi tahun pelajaran 2019/2020. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus, Penelitian studi kasus ini bertujuan untuk mengetahui secara langsung terkait isu, problem, atau keprihatinan yang spesifik. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, kondensasi data, dan penyajian data. Untuk keabsahan data, penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini adalah madrasah aliyah unggulan darul hidayah telah menerapkan pendekatan saintifik berdasarkan kurikulum 2013 dalam pembelajaran akidah aklaq meliputi kegiatan inti, seperti: mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan. Untuk menerapkan pendekatan saintifik, guru menggunakan model discovery learning untuk semua jenjang kelas, hanya saja dalam penyampaian materi guru membedakan cara dan porsi setiap jenjangnya. Kata Kunci: Pembelajaran Akidah Akhlak, pendekatan saintifik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 29 Mar 2022 01:29
Last Modified: 29 Mar 2022 01:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3344

Actions (login required)

View Item View Item