Analisis Penentuan Bagi Hasil Pada Pembiayaan Musyarakah Di BMT UGT Nusantara Cabang Wirolegi Jember

Putri, Amanda (2024) Analisis Penentuan Bagi Hasil Pada Pembiayaan Musyarakah Di BMT UGT Nusantara Cabang Wirolegi Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Amanda Putri watermarkkk.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pertumbuhan ekonomi dalam pembangunannya tidak terlepas dari peran serta sektor perbankan. Bank pada prinsipnya sebagai lembaga intermediasi, menghimpun dana dari masyarakat yang mengalami surplus dana dan menyalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan dana. Selain itu banyak pula bermunculan lembaga keuangan swasta yang berprinsip syariah. Diantaranya adalah Baitul Maal wat Tamwil (BMT). Keberadaan BMT ini merupakan usaha untuk memenuhi keinginan khususnya sebagian umat Islam yang menginginkan jasa layanan bank syariah untuk mengelola perekonomiannya.
Fokus masalah yang ada dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana praktik pembiayaan musyarakah di BMT UGT Nusantara Cabang Wirolegi Jember ?. 2) Bagaimana kesesuaian cara penentuan bagi hasil pembiayaan musyarakah dengan fatwa DSN MUI di BMT UGT Nusantara Cabang Wirolegi Jember ?.
Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Untuk mengetahui praktik pembiayaan musyarakah di BMT UGT Nusantara Cabang Wirolegi Jember. 2) Untuk mengetahui kesesuaian cara penentuan bagi hasil pembiayaan musyarakah dengan Fatwa DSN MUI di BMT UGT Nusantara Cabang Wirolegi Jember.
Metode pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data : 1) Observasi 2) Wawancara 3) Dokumentasi. Teknik analisis data deskriptif. Teknik keabsahan data triangulasi sumber.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan : 1) Praktik pembiayaan musyarakah di BMT UGT Nusantara Cabang Wirolegi Jember sesuai dengan prosedur dan persyaratan pembiayaan musyarakah yaitu nasabah mengajukan permohonan pembiayaan musyarakah, wawancara dengan nasabah, penyelidikan berkas, survei ke lokasi, analisis terhadap kelayakan pembiayaan, dalam penentuan bagi hasil, nisbah bagi hasil ditetapkan melalui negoisasi antara pihak BMT dengan nasabah. Negosiasi ini akan timbul kesepakatan antara BMT dan nasabah dalam berbagi keuntungan dan kerugian. 2) Hasil pembiayaan musyarakah telah sesuai dengan fatwa No: 08/DSN-MUI/IV/2000 bahwa pembiayaan musyarakah di BMT UGT Nusantara Cabang Wirolegi Jember berdasarkan fatwa MUI tersebut telah memenuhi ketentuan yang difatwakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Amanda Putri
Date Deposited: 20 Jun 2024 03:32
Last Modified: 20 Jun 2024 03:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33447

Actions (login required)

View Item View Item