STRATEGI PENGEMBANGAN DESA WISATA KEMIRI KECAMATAN PANTI KABUPATEN JEMBER

Nur Afianti, Vini (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN DESA WISATA KEMIRI KECAMATAN PANTI KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
vini .pdf

Download (1MB)

Abstract

Pengembangan di sektor pariwisata merupakan langkah pembangunan yang banyak dilakukan oleh berbagai wilayah di Indonesia.Hal tersebut dikarenakan dengan adanya pengembangan wisata dapat mendorong meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar dan juga menambah pendapatan negara. Namun, tidak jarang dijumpai pengembangan wisata yang hanya terfokus pada dampak ekonomi cenderung abai akan dampak pengembangan bagi lingkungan alam, sosial, dan budaya.Sehingga, pengembangan pariwisata berkelanjutan diperlukan.
Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi pengembangan desa wisata Kemiri? (2) Apa aja faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan desa wisata?. Tujuan penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan desa wisata Kemiri. (2) Untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat pengembangan desa wisata.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dan peneliti menggunakan trianggulasi sumber. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dilapangan menunjukan yaitu (1) Strategi pengembangan desa wisata ada dua cara yaitu strategi branding dan strategi pemasaran. (2) faktor pendukung pengembangan desa wisata yaitu memanfaatkan potensi yang ada di desa dan masyarakat yang ikut berpartisipasi, sedangkan faktor penghambatnya yaitu beberapa masyarakat belom sadar wisata atau belom tau tentang pentingnya desa wisata dan adanya kerusakan jalan di beberapa titik tempat wisata.

Kata Kunci : Strategi Pengembangan, Desa Wisata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Vini Nur Afianti
Date Deposited: 20 Jun 2024 04:19
Last Modified: 20 Jun 2024 04:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33459

Actions (login required)

View Item View Item