Strategi Pembelajaran pendidikan Agama Islam pada Ranah Psikomotorik di SMP Argopuro Panti Jember.

DINA ZILLA, PRIHATINI (2020) Strategi Pembelajaran pendidikan Agama Islam pada Ranah Psikomotorik di SMP Argopuro Panti Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
DINA ZILLA PRIHATINI_084141405.pdf

Download (24MB)

Abstract

Dina Zilla Prihatini, 2020. Skripsi. Strategi Pembelajaran pendidikan Agama Islam pada Ranah Psikomotorik di SMP Argopuro Panti Jember. Kata Kunci: strategi pembelajaran, ranah psikomotorik. Strategi pembelajaran merupakan salah satu upaya guru untuk mencapai tujuan pembelajaran secara optimal. Dalam hal ini sekolah perlu menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi siswa yang ingin dicapai secara optimal. dengan begitu sekolah dapat memberikan pembelajaran yang lebih optimal untuk mencapai tujuan dari pembelajaran tersebut. SMP Argopuro Panti Jember merupakan salah satu sekolah yang menerapkan strategi Pendidikan Agama Islam pada ranah psikomotorik. Di harapkan mata pelajaran pendidikan agama islam dapat mencapai tujuan pembelajaran yang di inginkan. Maka peneliti dapat melakukan penelitian dengan menyeluruh. Fokus dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana strategi pembelajaran PAI pada ranah psikomotorik di SMP Argopuro Panti Jember? (2) Bagaimana hasil strategi pembelajaran PAI pada ranah psikomotorik di SMP Argopuro Panti Jember? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran PAI pada ranah psikomotorik di SMP Argopuro Panti Jember? Tujuan penelitian: (1) Untuk mengetahui strategi pembelajaran PAI pada ranah psikomotorik di SMP Argopuro Panti-jember. (2) Untuk mengetahui hasil strategi pembelajara PAI pada ranah psikomotorik di SMP Argopuro Panti-jember. (3) Untuk mengetahui evaluasi pembelajaran PAI pada ranah psikomotorik di SMP Argopuro Pantijember. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Penentuan subyek menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumenter. Analisis data menggunakan teknik analisis Miles dan Hubermen yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik/metode. Hasil penelitian ini adalah: (1) Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Ranah Psikomotorik di SMP Argopuro Panti Jember, yaitu; a) Strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Ranah Psikomotorik berorientasi pada aktivitas Siswa (PBAS), b). Strategi pembelajaran diawali dengan melakukan persiapan penyusunan perangkat mengajar (RPP), menentukan teknik magajar dan metode-metode pengajaran, c) Metode yang digunakan dalam pengajaran adalah metode demonstrasi. (2) Hasil dari Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Ranah Psikomotorik di SMP Argopuro Panti Jember, yaitu; a) lebih melihat kepada dua aspek penilaian untuk menentukan hasil, b) Dua aspek hasil penilaian tersebut, terdiri aspek nilai keterampilan dan aspek praktek dari seluruh siswa. (3) Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Ranah Psikomotorik di SMP Argopuro Panti Jember, yaitu; a) praktik sholat dan wudhu, dan b) kegiatan mengaji Al-Qur`an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 29 Mar 2022 01:40
Last Modified: 29 Mar 2022 01:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3346

Actions (login required)

View Item View Item