Analisis Diamond Model Pada Pengembangan Ekonomi Lokal Melalui KUBE (Kelompok Usaha Bersama) Di Desa Sentul Kecamatan Gading Kabupaten Probolinggo

Mukarromah, Laylatul (2024) Analisis Diamond Model Pada Pengembangan Ekonomi Lokal Melalui KUBE (Kelompok Usaha Bersama) Di Desa Sentul Kecamatan Gading Kabupaten Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achamd Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Laylatul Mukarromaah.pdf

Download (2MB)

Abstract

Laylatul Mukarromah, Nikmatul Masruroh, 2024:
Analisis Diamond Model pada Pengembangan Ekonomi Lokal melalui KUBE di desa Sentul kecamatan Gading kabupaten Probolinggo.

Pengembangan Ekonomi Lokal merupakan suatu usaha mengotimalkan sumber daya lokal yang melibatkan pemerintah setempat dan masyarakat untuk mengembangkan ekonomi lokal. Diamond model dapat diartikan sebagai strategi perusahaan agar memperoleh keunggulan kompetitif yang melibatkan faktor kondisi, faktor permintaan, faktor industri terkait dan dukungan, faktor strategi perusahaan dan persaingan, faktor pemerintah, dan faktor kesempatan atau peluang.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana pengembangan ekonomi lokal pada KUBE di desa Sentul kecamatan Gading kabupaten Probolinggo?, 2. Bagaimana analisis diamond model pada pengembangan ekonomi lokal berbasis KUBE di desa Sentul kecamatan Gading kabupaten Probolinggo?
Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Untuk mengetahui pengembangan ekonomi lokal pada KUBE di desa Sentul kecamatan Gading kabupaten Probolinggo. 2. Untuk mengetahui analisis diamond model pada pengembangan ekonomi lokal berbasis KUBE di desa Sentul kecamatan Gading kabupaten Probolinggo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan atau field research. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive, serta teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Selain itu untuk keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi data.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: Pertama, dalam proses Pengembangan Ekonomi Lokal melalui Kelompok Usaha Bersama di Desa Sentul Kecamatan Gading Kabupaten Probolinggo ini melalui beberapa tahapan dari tahap persiapan pembentukan hingga evaluasi yang mana hal ini dilakukan dengan penuh pertimbangan oleh semua pihak baik dari pemerintah desa yakni dari Badan Usaha Milik Desa kemudian Dunia Usaha dan masyarakat setempat yang ada dalam Kelompok Usaha Bersama tersebut. Selain meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), terbentuknya KUBE Sentul juga membuka lapangan pekerjaan dan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Kedua, Dalam analisis diamond model pada pengembangan ekonomi lokal berbasis Kelompok Usaha Bersama Desa Sentul ini sesuai dengan teori yang dikemukakan oleh Porter. Prinsip dari teorinya adalah sebuah perusahaan dianggap menang jika memiliki produk unggulan yang kompetitif di pasar meski produk tersebut sama dengan perusahaan yang lain.

Kata Kunci: Diamond Model, Pengembangan Ekonomi Lokal, Kelompok Usaha Bersama

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140205 Environment and Resource Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Lely Laylatul Mukarromah
Date Deposited: 20 Jun 2024 06:22
Last Modified: 20 Jun 2024 06:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33481

Actions (login required)

View Item View Item