implementasi tradisi kadiran dalam pencapaian khatmil al-qur’an bagi religiusitas santri madrasah fatihul ulum di desa darungan kecamatan tanggul kabupaten jember (studi living qur’an pendekatan habitus pierre bourdieu)

Maulana, M. Firman (2024) implementasi tradisi kadiran dalam pencapaian khatmil al-qur’an bagi religiusitas santri madrasah fatihul ulum di desa darungan kecamatan tanggul kabupaten jember (studi living qur’an pendekatan habitus pierre bourdieu). Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
M. Firman Maulana_204104010003.pdf

Download (2MB)

Abstract

M. Firman Maulana, 2024: Implementasi Tradisi Kadiran Dalam Pencapaian Khatmil Al-Qur’an Bagi Religiusitas Santri Madrasah Fatihul Ulum Di Desa Darungan Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember (Studi Living Qur’an Pendekatan Habitus Pierre Bourdieu).
Kata kunci: Tradisi Kadiran, Membangun sikap religiustas, Santri Madrasah Fatihul Ulum, Living Qur’an.
Skripsi ini membahas sebuah tradisi yang terjadi dalam sebuah lembaga keagamaan tepatnya di Madrasah Fatihul Ulum di Desa Darungan Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember, yang mana tradisi ini tercipta karena adannya Al-Qur’an yang aktif di dalamnya (Living Qur’an). Tradisi ini dikenal dengan sebutan Tradisi Kadiran .
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana implementasi tradisi Kadiran santri Madrasah Fatihul Ulum di Desa Darungan Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember atas pencapaian Khatmil Al-Qur’an? 2) Bagaimana tradisi Kadiran di Madrasah Fatihul Ulum di Desa Darungan Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember dapat membangun sikap religiusitas santri menggunakan pendekatan Habitus Pierre Bourdieu? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui implementasi tradisi Kadiran santri Madrasah Fatihul Ulum di Desa Darungan Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember atas pencapaian Khatmil Al-Qur’an. 2) Untuk menganalisis tradisi Kadiran di Madrasah Fatihul Ulum di Desa Darungan Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember dapat membangun sikap religiusitas santri menggunakan pendekatan Habitus Pierre Bourdieu.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data yang penulis lakukan, yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi dan menggunakan makna suatu pendekatan dalam teori Habitus Pierre Bourdieu.
Hasil penelitian dalam skripsi menyimpulkan bahwa tradisi Kadiran adalah Tradisi yang dilaksanakan santri Madrasah Fatihul Ulum atas keberhasilan mengkhatamkan al-Qur’an. tradisi ini dilaksanakan pada malam Jum’at dengan dipimpin langsung oleh kyai dan melibatkan pembacaan surat-surat khusus dalam al-Qur’an seperti Surat Yasin tiga kali, dan Al-Zalzalah tiga kali. Peneliti menggunakan pendekatan Habitus Pierre Bourdieu dalam mengungkap upaya membentuk religiusitas santri yaitu menggunakan tiga rumus (habitus x modal + ranah). Dari pendekatan tersebut menghasilkan: 1) Habitus: bimbingan dari guru, pemberian contoh teladan, dan pemberian penghargaan. Dari habitus diatas tersebut peneliti menemukan empat hal yaitu: membentuk cinta al-Qur’an, tanggung jawab, ketentraman, dan persatuan di antara santri. 2) Modal: pendidikan ahlus sunnah wal jama’ah, metode Qur’ani Sidogiri, dan merekrut guru dari pesantren. 3) Ranah: pengaplikasian habitus dan modal terletak di Madrasah Fatihul Ulum di Desa Darungan, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: M. Firman Maulana
Date Deposited: 21 Jun 2024 02:00
Last Modified: 21 Jun 2024 02:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33510

Actions (login required)

View Item View Item