Integrasi Manajemen Kurikulum Madrasah Terpadu Di Pondok Pesantren Madinatul Ulum Jenggawah Jember Tahun 2023

rohman, Naimur (2024) Integrasi Manajemen Kurikulum Madrasah Terpadu Di Pondok Pesantren Madinatul Ulum Jenggawah Jember Tahun 2023. Masters thesis, UIN KH AHMAD ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
naim FIX - WATERMAK.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Na’imur Rohman, 2023; Integrasi Manajemen Kurikulum Madrasah Terpadu di Pondok Pesantren Madinatul Ulum Jenggawah Jember Tahun 2023. Tesis, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam UIN KHAS Jember. Pembimbing; (I) Prof. Dr. H. Sofyan Tsauri, M.M., (II) Dr. H. Abd. Muhith, S.Ag, M.Pd.I.,

Kata Kunci: Manajemen, Kurikulum, Integrasi Madrasah

Integrasi manajemen kurikulum madrasah diniyah dan madrasah formal dilatarbelakangi oleh adanya pandangan umum tentang dikotomi ilmu agama dengan ilmu umum. Menggabungkan keduanya tentu merupakan upaya untuk menghindari dikotomi ini. Maka untuk mengatasinya perlu dilakukan integrasi madrasah diniyah dan madrasah formal ke dalam satu sistem yang terintegrasi. Integrasi tersebut tentu dimulai dari hal yang sangat penting yakni bidang kurikulum. Di pondok pesantren Madinatul Ulum menerapkan kuriulum terpadu dimana di madrasah formal juga mempelajari pelajaran-pelajaran keislaman atau non formal. Sehingga hal ini menjadi menarik untuk dilakukan penelitian
Tujuan penelitian ini. 1. Mendeskripsikan dan menganalisis Perencanaan Integrasi Manajemen Kurikulum madrasah diniyah dan madrasah formal di Pondok Pesantren Madinatul Ulum Jenggawah Jember Tahun 2023. 2. Mendeskripsikan dan menganalisis Pelaksanaan Integrasi Manajemen Kurikulum madrasah diniyah dan madrasah formal di Pondok Pesantren Madinatul Ulum Jenggawah Jember Tahun 2023. 3. Mendeskripsikan dan menganalisis Evaluasi Integrasi Manajemen Kurikulum madrasah diniyah dan madrasah formal di Pondok Pesantren Madinatul Ulum Jenggawah Jember Tahun 2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif, teknik penentuan subjek penelitian dengan purposive dan teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik yakni observasi partisipasi pasif, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles dan Huberman serta ke absahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi Teknik.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa: 1. Perencanaan integrasi manajemen kurikulum madrasah diniyah dan madrasah formal di Pondok Pesantren Madinatul Ulum Jenggawah berdasarkan studi kelayakan yakni melakukan analisis kebutuhan, merumuskan tujuan yang beriorentasi pada visi misi pesantren serta merencanakan program wajib dan program pilihan 2. Pelaksanaan integrasi manajemen kurikulum madrasah diniyah dan madrasah formal di Pondok Pesantren Madinatul Ulum dengan megupayakan pengarahan dari pengasuh atau dari kepala madrasah serta adanya pengembangan untuk mengintegrasikan kurikulum madrasah 3. Evaluasi integrasi kurikkulum madrasah diniyah dan madrasah formal di pondok pesantren madinatul ulum jenggawah berdasarkan pada strategi dan metode yang digunakan dan kemudian di adakan pengujian dan pengukuran terhadap capaian melalui observasi program, serap aspirasi kemudian di adakan tindak lanjut melalui pembinaan sumberdaya manusia kemudian di ukur capaianya sehingga muncul penilaian terhadap integrasi manajemen kurikulum.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: naim rohman
Date Deposited: 25 Jun 2024 03:42
Last Modified: 25 Jun 2024 03:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33511

Actions (login required)

View Item View Item