Implementasi Perda Nomor 3 Tahun 2020 Dalam Penanggulangan Kemiskinan di Desa Patemon Kecamatan Krejengan Kabupaten Probolinggo

Shah, Mohammad Andrean (2024) Implementasi Perda Nomor 3 Tahun 2020 Dalam Penanggulangan Kemiskinan di Desa Patemon Kecamatan Krejengan Kabupaten Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-032-HTN-2024)
Mohammad Andrean Shah_Skripsi_204102030093.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Peraturan Daerah Kabupaten Probolinggo Nomor 3 Tahun 2020 merupakan Peraturan yang ditetapkan oleh Bupati Probolinggo yang menjelaskan mengenai penanggulangan kemiskinan, bahwasannya kemiskinan perlu diatasi sehingga diperlukan langkah yang telah tersusun dengan baik dalam cita-cita untuk dapat terpenuhinya hak dasar warga negara secara layak.

Fokus penelitian: 1) Bagaimana Implementasi Perda Nomor 3 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Kemiskinan di Desa Patemon Kecamatan Krejengan Kabupaten Probolinggo? 2) Apa faktor pendukung dan penghambat Implementasi Perda Nomor 3 Tahun 2020 di Desa Patemon Kecamatan Krejengan Kabupaten Probolinggo? Tujuan penelitian adalah: 1) Untuk mengetahui implementasi Perda Nomor 3 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Kemiskinan di Desa Patemon Kecamatan Krejengan Kabupaten Probolinggo. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi Perda Nomor 3 Tahun 2020 di Desa Patemon Kecamatan Krejengan Kabupaten Probolinggo.

Jenis penelitian yuridis empiris dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, teknik analisis data menggunakan model analisis data Miles dan Huberman, keabasahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Hasil penelitian: 1) Implementasi Perda Nomor 3 Tahun 2020 tidak sesuai karena terjadinya Ketidakvaliditan Data Kemiskinan yang disebabkan kurangnya perhatian dan pembenahan dari pihak Pemerintah Kecamatan. 2) Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi: pendukung, a) Transparansi/kejelasan dalam pemberian dana bantuan sosial, b) Tersedia sarana dan prasarana kebutuhan jasa angkutan hasil panen, c) Tersedia sarana dan prasarana kebutuhan jasa angkutan hasil panen, sedangkan Penghambat, a) Terlalu banyak program atau kebijakan dari Pemerintah, b) Kekeliruan data kemiskinan, c) Belum adanya update data terbaru.

Kata Kunci: Implementasi, Penanggulangan Kemiskinan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180108 Constitutional Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Mohammad Andrean Shah
Date Deposited: 21 Jun 2024 01:35
Last Modified: 17 Jul 2024 07:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33522

Actions (login required)

View Item View Item