Kontribusi Usaha Tani Cabai Rawit Terhadap Pendapatan Ekonomi Rumah Tangga Di Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso

Ahmad, Abdul Gofur (2024) Kontribusi Usaha Tani Cabai Rawit Terhadap Pendapatan Ekonomi Rumah Tangga Di Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
File SKRIPSI AHMAD ABDUL GOFUR.pdf

Download (5MB)

Abstract

Ahmad Abdul Gofur, 2024: Kontribusi Usaha Tani Cabai Rawit Terhadap Pendapatan Ekonomi Rumah Tangga di Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso
Kata Kunci: Kontribusi, Usaha Tani, Pendapatan Keluarga
Petani adalah seseorang yang bergerak di bidang pertanian, utamanya dengan cara melakukan pengelolaan tanah dengan tujuan untuk menumbuhkan dan memelihara tanaman (seperti padi, cabai, bunga, buah, kopi dan lain-lain), dengan harapan untuk memperoleh hasil dari tanaman yang di usahakan untuk digunakan sendiri ataupun menjualnya kepada orang lain. Dan cabai rawit merupakan salah satu komoditas sayuran yang saat ini diperlukan dan ditanam oleh hampir kalangan lapisan orang dari berbagai lapisan masyarakat. Karena selain tanaman cabai ini cocok kepada semua musim juga permintaan pasar mengenai cabai yang cukup memadai sehingga Tingginya produksi cabai rawit bisa seimbang bahkan meningkat dengan ketersediaan yang diminta terutama yang terjadi Di kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso.
Rumusan masalah yang di teliti dalam penelitian ini adalah 1) Berapa besar pendapatan petani cabai rawit di Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso 2) Berapa kontribusi usaha tani cabai rawit terhadap pendapatan ekonomi rumah tangga di Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso.
Penelitian ini bertujuan : 1) untuk mengetahui besar pendapatan petani cabai rawit di Kecamatan Grujugan, Kabupaten Bondowoso 2) Untuk mengetahui kontribusi usaha tani cabai rawit terhadap pendapatan rumah tangga di Kecamatan Grujugan, Kabupaten Bondowoso.
Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif. Dan jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah survei. Sampel yang digunakan sebanyak 52 Petani. Hasil Penelitian ini adalah Total pendapatan petani cabai rawit mencapai Rp 663.500.000 per tahun dan Usahatani cabai rawit memberikan kontribusi sebesar 52,2% terhadap total pendapatan ekonomi keluarga petani di Kecamatan Grujugan.Kontribusi tersebut dianggap tinggi menurut ukuran kontribusi yang ditetapkan oleh Patty (2010), yakni antara 50% - 75%..

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140203 Economic History
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140206 Experimental Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Ahmad Abdul Gofur
Date Deposited: 27 Jun 2024 03:36
Last Modified: 27 Jun 2024 03:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33529

Actions (login required)

View Item View Item