Kontribusi Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Peningkatan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam SMA di Kabupaten Jember.

ITA DWI, WULANDARI (2020) Kontribusi Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Peningkatan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam SMA di Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
ITA DWI WULANDARI_T20151135.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ita Dwi Wulandari, 2019, Kontribusi Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Peningkatan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam SMA di Kabupaten Jember. Dalam kaitannya dengan pengembangan profesi guru secara sederhana dapat dilakukan dengan membangun jaringan kerja guru. Jaringan kerja guru yang selama ini telah diakui dan tengah berjalan di Indonesia dinamakan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) untuk guru tingkat SMP/SMA. Kelompok MGMP merupakan tempat komunikasi para guru untuk saling membantu dalam meningkatkan kemampuannya guna mencapai kualifikais standart guru yang di syaratkan. Fokus dari Penelitian ini adalah : 1)Apa saja program kerja MGMP Pendidikan Agama Islam dalam Penigkatan Kompetensi Guru Pendidikan Agama islam SMA di Kabupaten Jember. 2)Bagaimana Pelaksanaan program kerja MGMP Pendidikan Agama Islam dalam Penigkatan Kompetensi Guru Pendidikan Agama islam SMA di Kabupaten Jember. 3)Bagaimana kontribusi MGMP Pendidikan Agama Islam dalam Penigkatan Kompetensi Guru Pendidikan Agama islam SMA di Kabupaten Jember. Adapun tujuannya adalah untuk mendeskripsikan kontribusi, program kerja dan pelaksanaan forum MGMP Pendidikan Agama Islam Dalam Peningkatan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam SMA di Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan Pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan penentuan subjek penenlitian ini menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, model analisis yang digunakan adalah model Miles and Huberman yakni, reduksi data, penyajian data, verivikasi. Keabsahan data menggunakan tringulasi sumber dan tekhnik. Hasil Penelitiannya adalah : 1) Program kerja yang dirancang oleh MGMP PAI tingkat SMA di Jember mengacu pada empat komptensi guru, yaitu pedagogik, kepribadian, profesional, dan kepribadian. 2) Pelaksanaan forum MGMP PAI tingkat SMA Jember telah berjalan dengan cukup baik. 3) Forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PAI SMA di Jember memilik kontribusi sebagai ajang peningkatan kompetensi guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 29 Mar 2022 04:21
Last Modified: 29 Mar 2022 04:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3353

Actions (login required)

View Item View Item