Akuntabilitas Pengelolaan Alokasi Dana Desa Dalam Upaya Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Purwoasri Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember

Munawaroh, Lailatul (2024) Akuntabilitas Pengelolaan Alokasi Dana Desa Dalam Upaya Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Purwoasri Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-009-AKSYA-2024)
Skripsi Lailatul Munawaroh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (22MB)

Abstract

Lailatul Munawaroh, Khamdan Rifa’i, 2024: Akuntabilitas Pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) Dalam Upaya Meningkatkan Pemberdayaan Masyarakat Di Dasa Purwoasri Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember.

Kata Kunci: Akuntabilitas pengelolaan alokasi dana desa, pemberdayaan masyarakat

Berkaitan dengan begitu pentingnya peran manusia dalam pembangunan, maka pemberdayaan masyarakat merupakan hal penting untuk mendapat perhatian seluruh komponen bangsa, baik pemerintah, swasta maupun masyarakat itu sendiri. Oleh karena itu pemerintah desa diharapkan mampu mengelola alokasi dana dengan baik agar dapat mensejahterakan dan mampu meningkatkan pemberdayaan masyarakat.
Fokus penelitian pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana akuntabilitas pengelolaan alokasi dana desa dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pertanggungjawaban di pemerintah Desa Purwoasri? (2) Bagaimana upaya yang dilakukan oleh pemerintah Desa Purwoasri dalam meningkatkan pemberdayaan masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan akuntabilitas pengelolaan alokasi dana desa dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pertanggungjawaban di pemerintah Desa Purwoasri? (2) Mendeskripsikan upaya yang dilakukan oleh pemerintah Desa Purwoasri dalam meningkatkan pemberdayaan masyarakat.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dan dilakukan di Desa Purwoasri. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala desa, aparat pemerintah desa dan masyarakat desa di Desa Purwoasri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Adapun keabsahaan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Akuntabilitas pengelolaan alokasi dana desa dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pertanggungjawaban di Desa Purwoasri sudah dilakukan sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan dalam Pemendagri Nomor 113 Tahun 2014, 2) Pengelolaan ADD di Desa Purwoasri untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat sudah dilakukan sesuai dengan harapan masyarakat mulai dari pembangunan desa, gerakan PKK hingga peningkatan kapasitas masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1605 Policy and Administration > 160509 Public Administration
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1605 Policy and Administration > 160510 Public Policy
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Skripsi Lailatul Munawaroh
Date Deposited: 21 Jun 2024 06:37
Last Modified: 10 Jul 2024 02:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33532

Actions (login required)

View Item View Item