Upaya guru Ilmu Pengetahuan Sosial untuk menumbuhkan efikasi diri pada peserta didik yang mengalami kesulitan belajar dalam kegiatan pembelajaran IPS di SMPN 2 Arjasa

Alhadi, Allen Harvey (2024) Upaya guru Ilmu Pengetahuan Sosial untuk menumbuhkan efikasi diri pada peserta didik yang mengalami kesulitan belajar dalam kegiatan pembelajaran IPS di SMPN 2 Arjasa. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-034-TADRIS-IPS-2024)
MENTALITA SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena adanya penemuan ketika peneliti tengah melakukan kegiatan observasi dalam program kampus Pengenalan Lapangan Pendidikan (PLP), beberapa peserta didik yang duduk dikelas VIII A dan B yang dinilai terindikasi masuk dalam indikator peserta didik yang mengalami kesulitan belajar, seperti; menunjukkan tingkah laku yang berbeda, menunjukkan sifat kurang wajar, mengalami keterlambatan dalam mengerjakan tugas, pencapaian peserta didik berbeda dengan usaha yang dilakukan, dan ditemukan hasil belajar peserta didik yang cukup rendah dibawah KKM 75.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana upaya guru IPS terhadap pembentukan efikasi diri pada peserta didik yang mengalami kesulitan belajar dalam kegiatan pembelajaran IPS di SMP Negeri 2 Arjasa? 2) Bagaimana perubahan yang terjadi pada peserta didik setelah dilakukan upaya oleh guru IPS untuk menumbuhkan efikasi diri pada peserta didik yang mengalami kesulitan belajar dalam kegiatan pembelajaran IPS di SMP Negeri 2 Arjasa?. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi sistematik, wawancara semi terstruktur dan studi dokumentasi. Kemudian, teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, seperti memperpanjang pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Upaya guru IPS untuk menumbuhkan efikasi diri pada peserta didik yang mengalami kesulitan belajar dalam kegiatan pembelajaran IPS di SMP Negeri 2 Arjasa dilakukan dalam beberapa upaya diantaranya, membina hubungan akademik yang baik dengan peserta didik, sebagai pengelola kelas guru memberikan tugas, memberikan stimulus belajar, pemberian tugas tambahan, penguatan materi secara personal, menjalin komunikasi yang baik, mengapresiasi hasil kerja peserta didik, mengingatkan tentang tanggung jawab, menjadi motivator yang baik serta memberikan bimbingan dan konseling. 2) Perubahan yang terjadi pada peserta didik setelah dilakukan upaya oleh guru IPS untuk menumbuhkan efikasi diri pada peserta didik yang mengalami kesulitan belajar dalam kegiatan pembelajaran IPS di SMP Negeri 2 Arjasa yaitu, guru juga melakukan proses pengamatan yang mana dari pengamatan tersebut cukup banyak peserta didik yang mengalami kesulitan belajar namun pada akhirnya dapat mengatasi kesulitan belajar yang dihadapi sekaligus dapat menumbuhkan efikasi diri dalam diri peserta didik tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Upaya Guru IPS, Efikasi Diri, Kesulitan Belajar.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Men Allen Harvey Alhadi
Date Deposited: 21 Jun 2024 02:43
Last Modified: 09 Jul 2024 01:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33538

Actions (login required)

View Item View Item