MEKANISME JUAL BELI EMAS ONLINE MELALUI PEMBAYARAN SHOPEEPAY LATER PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH

sholeha, khoiriyatus (2024) MEKANISME JUAL BELI EMAS ONLINE MELALUI PEMBAYARAN SHOPEEPAY LATER PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-063-HES-2024)
Skripsi Watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Khoiriyatus Sholeha, 2024: Mekanisme Jual Beli Emas Online Melalui Pembayaran Shopeepay Later Perspektif Hukum Ekonomi Syariah

Kata Kunci: Mekanisme, Shopeepaylater, Hukum Ekonomi Syariah

Keselerasan sebuah jual beli emas melalui shopeepay later menurut hukum ekonomi syariah harus dinilai berdasarkan beberapa faktor, termasuk detail spisifik dari perjanjian serta bagaimana transaksi tersebut dilakukan. Penelitian ini penting untuk dilakukan agar dapat memahami bagaimana hukum jual beli emas menggunakan pembayaran shopeepaylater yang mana metode pembayaran tersebut merupakan sistem pembayaran cicilan dan dilakukan secara online. Jika dikomparasikan berdasarkan KHES, akad terkait jual beli emas secara online melalui shopeepaylater ini juga terdapat beberapa norma yang menyimpang, seperti halnya dalam pembayaran cicilan yang tidak tepat waktu.
Dengan demikian, skripsi ini mengangkat fokus penelitian 1) Bagaimana mekanisme jual beli emas online pada shopeepaylater? 2)Bagaimana pelaksanaan mekanisme jual beli emas online pada shopeepaylater? 3) Bagaimana hukum jual beli emas online pada shopeepaylater menurut perspektif hukum ekonomi syariah?
Pendekatan sosiologis hukum dan konseptual menjadi pendekatan yang digunakan oleh peneliti dengan jenis penelitian yuridis empiris yang berorientasi pada kajian implementasi hukum. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentas disertai dengan teknik analisis data berupa reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini ialah 1) Mekanisme jual beli emas online pada shoopepaylater yaitu konsumen terlebih dahulu memilih jenis model emas yang diinginkan, lalu di checkout menggunakan shopeepaylater, kemudian konsumen dapat memilih cicilan diantara beli sekarang bayar nanti yang berarti 1 bulan, lalu ada yang 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan. 2) Pelaksanaan jual beli emas online menggunakan shopeepaylater yaitu pengguna perlu mengaktifkan fitur shopeepaylater, setalah aktif pengguna memilih barang yang ingin dibeli dan metode pembayarannya bisa memilih shopeepaylater, pengguna memiliki waktu tertentu untuk membayar tagihan mereka. Tagihan dapat dibayar secara penuh atau dalam bentuk cicilan sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat. 3) Hukum jual beli emas online pada shopeepaylater perspektif hukum ekonomi syariah yaitu “boleh”. Hal ini mengingat pendapat dari berbagai ulama bahwa selama emas bukan merupakan alat tukar atau tsaman maka dapat diperjual-belikan layaknya barang lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Khoiriyatus Sholeha
Date Deposited: 21 Jun 2024 07:00
Last Modified: 17 Jul 2024 01:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33541

Actions (login required)

View Item View Item