KOMPETENSI KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN PROGRAM ADIWIYATA DI MIN 2 JEMBER TAHUN 2023

Dina, Putri aula (2024) KOMPETENSI KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN PROGRAM ADIWIYATA DI MIN 2 JEMBER TAHUN 2023. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-042-MPI-2024)
PUTRI AULA DINA_T20193126.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Putri Aula Dina. 2023. Kompetensi Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Program adiwiyata di MIN 2 Kecamatan Balung Kabupaten Jember Tahun 2023
Kata kunci: kompetensi, kepala madrasah, adiwiyata
Kepala Madrasah harus kompeten dalam pengetahuan, keterampilan, dan kepemimpinan serta bertanggung jawab dalam mengatur dan menyelenggarakan kegiatan sekolah. Lingkungan mempengaruhi kualitas hidup manusia. Program adiwiyata di madrasah untuk pelestarian lingkungan dan peningkatan hidup. Dampak positif menjaga lingkungan, negatifnya merusaknya lingkungan. Kepala madrasah perlu memiliki strategi maju dan meningkatkan mutu. Adiwiyata penting untuk lingkungan sekolah yang nyaman, sehat dan indah serta karakter peduli terhadap lingkungan.
Fokus penelitian ini 1) Bagaimana kompetensi kepribadian kepala madrasah dalam mengembangkan program adiwiyata di MIN 2 JEMBER ? 2) Bagaimana kompetensi manajerial kepala madrasah dalam mengembangkan program adiwiyata di MIN 2 JEMBER ? 3) Bagaimana kompetensi supervisi kepala madrasah dalam mengembangkan program adiwiyata di MIN 2 JEMBER ? 4) Bagaimana kompetensi sosial kepala madrasah dalam mengembangkan program adiwiyata di MIN 2 JEMBER ?
Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana metode menghasilkan data studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan ada observasi, wawancara, dokumentasi. Dan analisis data menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini yaitu, 1) kompetensi kepribadian kepala madrasa dalam mengembangkan program adiwiyata pertama memberikan kepercayaan kepada bawahan, mendiskusikan dan melaksanakan hasil perundingan dengan para anggota, mengkoordinasikan, mengembangkan dan memelihara lingkungan bagi seluruh komunitas sekolah, dan dapat mengelola sumberdaya yang ada dilembaga. 2) kompetensi manjerial kepala madrasah dalam mengemabangkan program adiwiyata yaitu membentuk tim untuk mengelola dan menjaga sarana dan prasarana sekolah dan mengajak orang tua siswa dan masyarakat sekitar bekerja sama dalam menjaga lingkungan. 3) kompetensi supervise kepala madrasah dalam mengembangkan program adiwiyata yaitu melakukan monitoring dan pengawasan terhadap proses belajar mengajar dan meningkatkan profesionalisme guru serta melakukan intruksi kerja. 4) kompetensi social kepala madrasah dalam mengembangkan program adiwiyata yaitu bekerja sama dengan pihak lain dalam kepentingan sekolah dan mengikuti kegiatan social dalam memiliki kepekaan social terhadap orang lain baik sesame guru, siswa, maupun wali murid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mis Perpustakaan PUTRI AULA DINA
Date Deposited: 21 Jun 2024 07:10
Last Modified: 08 Jul 2024 06:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33546

Actions (login required)

View Item View Item