Pengembangan bakat dan kreativitas santri melalui Program Supercamp di Taman Pendidikan Al-Qur'an Al-Ghofilin Kabupaten Jember Tahun 2023/2024

Habibi, Muhammad Syahrul Alif (2024) Pengembangan bakat dan kreativitas santri melalui Program Supercamp di Taman Pendidikan Al-Qur'an Al-Ghofilin Kabupaten Jember Tahun 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK - 033 - PAI - 2024)
Muhammad Syahrul Alif Habibi_201101010038.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Bakat dan Kreativitas, Program Supercamp.
Perkembangan usia anak-anak menuju usia remaja sangat dibutuhkan sekali pendidikan dalam membentuk karakter yang baik dan mengembangkan potensi di dalam dirinya. Potensi setiap anak sangatlah beragam, maka bakat dan kreativitas perlu dikembangkan dengan baik agar membuahkan hasil yang berupa potensi. Sehingga bakat dan kreativitas ini perlu diwadahi oleh yang namanya pendidikan.
Fokus dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana program supercamp di TPQ Al-Ghofilin Jember? 2) Bagaimana pengembangan bakat santri melalui program supercamp di TPQ Al-Ghofilin Jember? 3) Bagaimana pengembangan kreativitas santri melalui program supercamp di TPQ Al-Ghofilin Jember?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dengan model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini ialah sebagai berikut: 1) program supercamp di TPQ Al-Ghofilin Jember diadakan rutin setiap setahun sekali yang memiliki fungsi dan tujuan agar para santri tidak hanya diajarkan mengaji dan menuntut ilmu agama saja. 2) Pengembangan bakat santri melalui program supercamp yaitu dengan adanya jenis-jenis bakat yang dikemas dalam berbagai macam lomba, dan cara mengembangkannya yakni para ustadz dan ustadzah diberi amanah untuk membimbing dan melatihnya. Selain itu,terdapat faktor-faktor yang mempengaruhinya yakni faktor internal yang berasal dari dalam diri santri, dan faktor eksternal yang berasal dari lingkungannya. 3) Pengembangan kreativitas santri melalui program supercamp yaitu dengan diadakan banyak kegiatan didalamnya yang dapat menjadi penunjang berkembangnya berbagai jenis kreativitas mereka, dan cara mengembangkannya yakni para ustadz dan ustadzah memberikan kesempatan yang sebanyak-banyaknya dan selebar-lebarnya kepada mereka. Selain itu,terdapat faktor-faktor yang mempengaruhinya yakni faktor internal yang berasal dari dalam diri santri, dan faktor eksternal yang berasal dari lingkungannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Muhammad Syahrul Alif Habibi
Date Deposited: 25 Jun 2024 01:13
Last Modified: 02 Jul 2024 03:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33548

Actions (login required)

View Item View Item