MARIA ULFAH, SHAMILAH (2020) Ekstrakurikuler Olimpiade Sains Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Peserta Didik Pada Ajang Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Nasional di Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Bondowoso. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
Text
MARIA ULFAH SHAMILAH_T20164047.pdf Download (1MB) |
Abstract
Maria Ulfah Shamilah, 2020: Ekstrakurikuler Olimpiade Sains Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Peserta Didik Pada Ajang Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Nasional di Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Bondowoso Kata kunci: ekstrakulikuler olimpiade sains, prestasi peserta didik, kompetisi sains madrasah Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan sebuah ajang kompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementrian Agama Republik Indonesia diberbagai tingkatan jenjang Pendidikan Dasar berbasis Islam seperti (SD, Madrasah atau setara SMP dan SMA). Berprestasi di ajang bergengsi seperti kompetisi sains madrasah tingkat nasional merupakan impian setiap peserta didik maupun lembaga pendidikan. Salah satu upaya untuk meningkatkan prestasi peserta didik pada ajang kompetisi sains madrasah di tingkat nasional dengan mengadakannya kegiatan ekstrakurikuler olimpiade sains. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan kegiatan ekstrakurikuler olimpiade sains dalam upaya meningkatkan prestasi peserta didik pada ajang kompetisi sains madrasah tingkat Nasional di Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Bondowoso? 2) Bagaimana pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler olimpiade sains dalam upaya meningkatkan prestasi peserta didik pada ajang kompetisi sains madrasah tingkat Naional di Madrasah Ibtidaiyah At- Taqwa Bondowoso? 3) Bagaimana evaluasi kegiatan ekstrakurikuler olimpiade sains dalam upaya meningkatkan prestasi peserta didik pada ajang kompetisi sains madrasah tingkat Nasional di Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Bondowoso? 4) Apa saja faktor pendukung dan penghambat kegiatan ekstrakurikuler olimpiade sains dalam upaya meningkatkan prestasi peserta didik pada ajang kompetisi sains madrasah tingkat Nasional di Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Bondowoso? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi kegiatan ekstrakurikuler olimpiade sains, faktor pendukung dan penghambat kegiatan ekstrakurikuler olimpiade sains dalam upaya meningkatkan prestasi peserta didik pada ajang kompetisi sains madrasah tingkat Nasional di Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Bondowoso Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Lokasi penelitian ini di MI At-Taqwa, Kotakulon, Bondowoso. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan aktif (active participation), wawancara semiterstuktur dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif sesuai teori Miles, Huberman dan Saldana yaitu menganalisis data dengan tiga langkah: kondensasi data (data condensation), menyajikan data (data display), dan menarik simpulan atau verifikasi (conclusion drawing and verification). Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. x Adapun hasil dari penelitian ini adalah: 1) Perencanaan kegiatan ekstrakurikuler olimpiade sains yaitu: a) Di gagas oleh waka kesiswaan b) Proses seleksi peserta didik sesuai kemampuan dan prestasi c) Proses disusun bersama dewan guru atas persetujuan kepala madrasah d) kegiatan dilaksanakan di dalam kelas, setiap minggu dua kali untuk kelas rendah dan tiga kali sekali untuk kelas atas e) Tenaga pengajar pilihan, yaitu lulusan dari jurusan sains (biologi, fisika dan MIPA) f) Menggunakan strategi latihan soal, diskusi dan praktikum g) Penyusuanan program menggunakan agenda yang telah dibuat h) Targetnya adalah berprestasi di KSM sampai tingkat nasional; 2) Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler olimpiade sains yaitu: a) Dilaksanakan dua kali dalam seminggu (senin dan kamis) untuk kelas 1,2 dan 3. Sedang untuk kelas 4,5 selama tiga kali seminggu (Kamis, Jum’at dan Sabtu). b) Materi yang diberikan mencakup materi IPA yaitu bidang Biologi dan Fisika sesuai tingkatan kelas dan kesulitannya c) Kegiatan pembelajarannya diawali dengan doa, penjelasan konsep dan pemberian soal-soal latihan serta dibahas bersama pada kegiatan akhir d) Kegiatan pembelajaran lainnya dilaksanakan dengan permainan dan praktikum e) Peserta didik dikirim untuk mengikuti ajang kompetisi sains untuk meningkatkan kemampuan dan prestasinya; 3) Evaluasi kegiatan ekstrakurikuler olimpiade sains yaitu: a) Berupa evaluasi harian tiap pertemuan dan evaluasi bulanan selesai mengikuti ajang olimpiade b) Bentuk evaluasi ialah tes lisan dan tes tulis dengan jenis soal HOTS. c) Evaluasi dilakukan oleh guru pembina dengan menanyakan kendala dari peserta didik (terkait materi, strategi dan mental peserta didik); 4) Faktor pendukung dan penghambat kegiatan ekstrakurikuler olimpiade sains yaitu: a) Faktor pendukungnya ada faktor internal ialah potensi (intelegensi) dan motivasi dari peserta didik, faktor eksternal ialah bimbingan dari guru pembina, dukungan dan do’a dari orangtua, guru dan teman serta fasilitas yang diberikan madrasah. b) Sedangkan faktor penghambatnya adalah kesehatan dan minimnya alat praktek.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | m muhammad fadil |
Date Deposited: | 29 Mar 2022 04:22 |
Last Modified: | 29 Mar 2022 04:22 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3355 |
Actions (login required)
View Item |