Pola Kemitraan CV. Rejeki Cetak dengan Tukang Las di Desa Slawu Kecamatan Patrang Kabupaten Jember dalam Perspektif Akad Syirkah Inan

Dainingrum, Ningrum (2024) Pola Kemitraan CV. Rejeki Cetak dengan Tukang Las di Desa Slawu Kecamatan Patrang Kabupaten Jember dalam Perspektif Akad Syirkah Inan. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-120-ES-2024)
SKRIPSI NINGRUM watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

,,Syirkah Inan adalah Kerjasama modal yaitu masing-masing syarik menyediakan dana/barang untuk dijadikan modal usaha dengan bagi hasil sesuai kesepakatan. CV Rejeki Cetak merupakan Perusahaan yang bergerak di bidang percetakan, digital printing dan bengkel fabrikasi. Perusahaan ini percaya bahwa media promosi dan teknologi yang canggih dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas produksi. Mengingat usaha tersebut memerlukan permodalan yang besar serta kondisi tukang las di daerah slawu yang sangat lemah dalam hal managemen dan profesionalisme serta terbatasnya akses terhadap permodalan, teknologi dan jaringan pemasaran maka diperlukan peran serta pengusaha besar untuk membantu mengembangkan usaha bengkel las dalam bentuk kemitraan.
Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses pelaksanaan kemitraan ? (2) Bagaimana Hak dan Kewajiban dalam pola kemitraan ? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui proses pelaksanaan. (2) Untuk mengetahui Hak dan Kewajiban dalam pola kemitraan.
Pendekatan penelitian kualitatif ini di gunakan untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, terdapat teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan pimpinan CV. Rejeki Cetak, karyawan CV. Rejeki Cetak dan tukang Las daerah slawu.
Berdasarkan pengamatan di lapangan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa (1) proses pelaksaan kemitraan antara CV Rejeki Cetak dengan Tukang Las di daerah Slawu termasuk ke dalam akad syirkah inan. (2). Hak dan kewajiban antara CV. Rejeki Cetak dan Tukang Las di daerah Slawu sudah sesuai dengan kesepakatan.

Kata Kunci: Kemitraan, Akad Syirkah Inan, Hak dan Kewajiban.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140210 International Economics and International Finance
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140214 Public Economics- Publically Provided Goods
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Dai Ning Rum
Date Deposited: 21 Jun 2024 05:33
Last Modified: 11 Jul 2024 07:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33570

Actions (login required)

View Item View Item