TINJAUAN FIQH MUAMALAH TENTANG JUAL BELI PUPUK PAKETAN SUBSIDI DAN NON SUBSIDI DI TOKO TANI AGUNG DESA GRENDEN KECAMATAN PUGER KABUPATEN JEMBER

Tamam, Albadrudin (2024) TINJAUAN FIQH MUAMALAH TENTANG JUAL BELI PUPUK PAKETAN SUBSIDI DAN NON SUBSIDI DI TOKO TANI AGUNG DESA GRENDEN KECAMATAN PUGER KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-044-HES-2024)
ALBADRUDIN TAMAM_205102020001 (1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Albadrudin Tamam, 2024: Tinjauan Fiqh Muamalah Tentang Jual Beli Pupuk Paketan Subsidi dan Non Subsidi di Toko Tani Agung di Desa Grenden Kecamatan Puger Kabupaten Jember.
Kata kunci: Fiqh Muamalah, Subsidi dan Non Subsidi, Sistem Paketan.

Jual beli dapat dianggap sebagai bagian dari muamalah. Jual beli sendiri merupakan sebuah transaksi yang dilakukan oleh kedua belah pihak, yakni penjual dan pembeli dalam hal pemindahan kepemilikan suatu benda yang didahului dengan akad dan penyerahan sejumlah uang yang telah ditentukan. Dari pelaksanaan jual beli unsur terpenting adalah adanya kerelaan dari kedua belah pihak, serta harus didasari rasa suka sama suka. Perkataan suka sama suka menjadi dasar bahwa jual beli haruslah merupakan kehendak bebas dari unsur paksaan dan tekanan. Salah satu praktik jual beli yang dilakukan di Toko Tani Agung Desa Grenden Kecamatan Puger Kabupaten Jember melakukan sistem paketan. Maksud paketan disini dalam pembelian pupuk subsidi diberikan tambahan pupuk non subsidi sebanyak 2kg sebagai paketannya. Hal ini menunjukkan apakah dalam praktik yang dilakukan dengan menggunakan sistem paketan tersebut sesuai dengan ketentuan fiqh muamalah.
Fokus penelitian ini adalah, bagaimana praktik jual beli pupuk paketan subsidi dan non subsidi di Toko Tani Agung Desa Grenden Kecamatan Puger Kabupaten Jember tersebut dan bagaimana pandangan fiqh muamalah dalam praktik jual beli pupuk paketan subsidi dan non subsidi di Toko Tani Agung Desa Grenden Kecamatan Puger Kabupaten Jember.
Tujuan penelitian ini adalah, untuk mengetahui bagaimana praktik jual beli pupuk paketan subsidi dan non subsidi di Toko Tani Agung Desa Grenden Kecamatan Puger Kabupaten Jember. Dan untuk mengetahui pandangan fiqh muamalah pada praktik jual beli pupuk paketan subsidi dan non subsidi di Toko Tani Agung Desa Grenden Kecamatan Puger Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Sedangkan dalam menentukan subyek penelitian menggunakan purposive. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik, yaitu observasi, wawancara, dan dokumenter. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Temuan penelitian bahwa, Pertama Jual beli pupuk di Toko Tani Agung Desa Grenden Kecamatan Puger Kabupaten melakukan sistem paketan sebagai bentuk pengenalan pupuk. Disisi lain penjual hanya memaketkan pupuk subsidi dengan non subsidi bagi pembeli yang mencapai 50kg pupuk subsidi. Apabila tidak mencapainya maka pihak kios tidak melakukan sistem paketannya. Kedua praktik jual beli pupuk paketan menurut fiqh muamalah adalah boleh dan sah sesuai dengan ketentuan fiqh muamalah. Karena dalam jual beli pupuk secara paketan yang dilakukan di Toko Tani Agung Desa Grenden Kecamatan Puger Kabupaten Jember telah memenuhi rukun dan syarat jual beli kemudian tidak mengandung unsur paksaan didalamnya dan menunjukkan sikap kerelaan (Antaradhin) bagi pembeli.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Albadrudin Tamam
Date Deposited: 21 Jun 2024 07:54
Last Modified: 16 Jul 2024 07:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33581

Actions (login required)

View Item View Item