Imani, Inggrita Ersa Ulum (2024) Pengembangan media pembelajaran video aanimasi pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V SDN 2 Sukonatar Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi Tahun 2024. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.
Text (SK - 016 - PGMI - 2024)
SKRIPSI-INGGRITA ERSA ULUM IMANI WATERMARK.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Pembelajaran dengan menggunakan media sangat berguna untuk
memperjelas materi, mengkonkretkan pemahaman peserta didik serta menimbulkan gairah semangat belajar peserta didik. Pada kegiatan pembelajaran khususnya kelas V SDN 2 Sukonatar disini guru sudah pernah menggunakan fasilitas LCD proyektor namun penggunaannya tidak sering, dan media video tersebut bukan dari hasil karya guru sendiri melainkan dari youtube dan melihat respon peserta didik juga sangat antusias jika ditayangkan sebuah video animasi dalam pembelajaran maka perlunya dikembangkan media pembelajaran video animasi yang mana untuk membantu proses pembelajaran agar lebih efektif serta menumbuhkan semangat pada peserta didik.
Fokus masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Desain
Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V di SDN 2 Sukonatar Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi Tahun 2024? 2) Bagaimana Kelayakan Media Pembelajaran Video Animasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V di SDN 2 Sukonatar Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi Tahun 2024? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menghasilkan produk berupa Media Pembelajaran Video Animasi pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V di SDN 2 Sukonatar Kecamatan
Srono Kabupaten Banyuwangi Tahun 2024. 2) Menguji kelayakan Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V di SDN 2 Sukonatar Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi Tahun 2024.
Metode penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian dan
pengembangan atau Research and Development (R&D). Pengembangan dilakukan menggunakan lima tahap ADDIE yaitu Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi).
Adapun hasil persentase secara keseluruhan yang sudah dinilai oleh para ahli yaitu, hasil persentase ahli media yaitu 87,5% kategori sangat valid, hasil persentase ahli materi yaitu 95% kategori sangat valid, hasil persentase ahli bahasa yaitu 91% kategori sangat valid, dan hasil persentase ahli pengguna (guru kelas) yaitu 95% kategori sangat valid. Secara keseluruhan penilaian dari validator
tersebut menunjukkan kriteria layak, yang artinya media pembelajaran video animasi dapat diterapkan dan digunakan dalam proses pembelajaran. Uji respon peserta didik mendapatkan persentase 92% kategori sangat praktis, yang artinya media video animasi mendapat kriteria menarik sehingga media video animasi dapat digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190299 Film, Television and Digital Media not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Inggrita Imani Inggrita Ersa Uum Imani |
Date Deposited: | 21 Jun 2024 08:22 |
Last Modified: | 02 Jul 2024 06:16 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33583 |
Actions (login required)
View Item |