Hubungan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 4 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020

ADHITA PUTRI, AYUNANTHA (2020) Hubungan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 4 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial.

[img] Text
ADHITA PUTRI AYUNANTHA_T20169036.pdf

Download (9MB)

Abstract

Adhita Putri Ayunantha, 2020 : Hubungan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 4 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata Kunci : IPS, Gaya Belajar, Hasil Belajar Gaya belajar merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar IPS siswa. Gaya belajar sendiri teridiri dari 3 macam visual, audio dan kinestetik. Cara siswa dalam belajar IPS yang berbeda-beda dapat menyebabkan hasil belajar IPS tiap siswa pun berbeda-beda, seperti yang terjadi pada siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Jember. Siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi, karena siswa kesulitan dalam menghafal, belum mengenali gaya belajarnya dan tidak bisa menyesuaikan gaya belajarnya dengan strategi yang guru ajarkan. Sehingga banyak siswa yang memperoleh hasil belajar dibawah KKM. Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Adakah hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 4 Jember?” Tujuan penelitian ini: “Untuk menguji adakah hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 4 Jember.” Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Jember sebanyak 224 Siswa kemudian peneliti mengambil sampel sebanyak 144 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan survei dan istrumen penelitian menggunakan angket dan tes. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Setelah data normal dan linearitas, langkah selanjutnya yaitu menghitung korelasi bivariate pearson. Hasil penelitian menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) dari keseluruhan gaya belajar dengan hasil belajar adalah 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat korelasi yang signifikan antara variabel gaya belajar (x) dengan hasil belajar (y). Sehingga H଴ ditolak dan Hୟ diterima. Sehingga dapat disimpulkan ada hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 4 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 29 Mar 2022 07:26
Last Modified: 29 Mar 2022 07:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3359

Actions (login required)

View Item View Item