Pendidikan Toleransi Antarumat Beragama di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Purwoharjo Banyuwangi

NOVI HARDANING, TIYAS (2020) Pendidikan Toleransi Antarumat Beragama di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Purwoharjo Banyuwangi. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
NOVI HARDANING TIYAS_T20161056.pdf

Download (3MB)

Abstract

Novi Hardaning Tiyas, 2020. “Pendidikan Toleransi Antarumat Beragama di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Purwoharjo Banyuwangi”. Tingkat keragaman dalam kehidupan sosial manusia sudah sangat umum diketahui. Indonesia sendiri, merupakan negara yang memiliki keanekaragaman, suku, bahasa, adat, ras, dan agama yang sudah ada sebelum negara ini merdeka. Dengan berbagai macam latar yang berbeda-beda seharusnya berbagai unsur ini memahami posisi dan porsinya masing-masing, akan tetapi pada kenyataannya sampai sekarang masih ada di lingkungan pendidikam dan di lingkungan masyarakat pada umumnya, belum memahami batasan toleransi yang baik dan benar sesuai dengan UUD, dan bagi kaum muslimin tentunya yang sesuai dengan pedoman Al-Quran dan Sunnah. Dalam hal ini pendidik, guru yang tentunya bertanggung jawab terhadap pemahaman siswa akan toleransi yang baik dan benar, dengan menggunakan strategi khusus guru mengajarkkan pendidikan toleransi antarumat beragama di SMPN 1 Purwoharjo Banyuwangi. Hal ini menjadi perhatian yang penting dalam dunia pendidikan, peserta didik yang dihadapi terdiri dari berbagai latar belakang yang berbeda, dengan adanya pemahaman tentang toleransi, seluruh komponan pendidikan mampu bersikap, baik sesama Muslim maupun non Muslim, baik dilingkungan sekolah, maupun masyarakat. Adapun fokus yang peneliti ambil dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana strategi pendidikan toleransi antarumat beragama di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Purwoharjo Banyuwangi?, (2) Apa faktor pendukung dan penghambat pendidikan toleransi antarumat beragama di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Purwoharjo Banyuwangi? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif jenis penelitian Study Kasus. Subyek penelitian dilakukan dengan cara purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode yakni: observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis data kualitatif dengan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana meliputi : kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display), penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing and verification). Dan yang terakhir adalah uji keabsahan data yang menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Adapun hasil penelitian ini adalah : 1) antara lain: a) Mengingatkan untuk beribadah dan berdoa menurut agama masing-masing, b) Menumbuhkan sikap saling kerjasama antar sama lain, c) Memberikan kesempatan beribadah kepada pemeluk agama lain, d) Mengingatkan untuk saling menghargai dan menghormati antar sesama teman yang beda agama, e) Saling tolong menolong dan peduli terhadap teman yang berbeda agama. 2) Faktor pendukung: a) Dorongan pendidik dan tenaga kependidikan, b) Kebijakan sekolah, c) Kepedulian siswa terhadap hari besar umat beragama, d) Sarana dan Prasarana. Faktor penghambat : a) Perbedaan pendapat antar warga sekolah, dan b) Lingkungan Masyarakat. Kata kunci: Pendidikan, Toleransi antarumat beragama

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 29 Mar 2022 07:26
Last Modified: 29 Mar 2022 07:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3361

Actions (login required)

View Item View Item