Pengaruh Body Shaming terhadap Konsep Diri pada Mahasiswa Angkatan 2021 Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

Nadhiroh, Nikmatun (2024) Pengaruh Body Shaming terhadap Konsep Diri pada Mahasiswa Angkatan 2021 Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-010-PI-2024)
Nikmatun Nadhiroh_D20195018.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (15MB)

Abstract

Nikmatun Nadhiroh, 2024: Pengaruh Body Shaming terhadap Konsep Diri Korban pada Mahasiswa Angkatan 2021 Fakultas Dakwah UIN KHAS Jember.

Kata Kunci: Body Shaming, Konsep Diri, Mahasiswa

Pada masa perkembangan mahasiswa memasuki masa remaja akhir yang umumnya usia 19-22 tahun, pada masa itu mahasiswa memiliki tanggungjawab pada hidupnya. Pada lingkungan kampus, mahasiswa banyak dipengaruhi oleh lingkungan dan teman-teman sebaya, itulah yang menjadi faktor-faktor yang mempengaruhi terbentuknya kepribadian, sikap hingga konsep diri yang menjadi aspek penting dalam diri mahasiswa. Konsep diri sendiri yang memandang keadaan diri, penilaian yang dilakukan oleh individu pada dirinya. Salah satu faktor yang bisa mempengaruhi perkembangan konsep diri ialah perlakuan body shaming. Perlakuan body shaming cukup erat kaitannya dengan konsep diri karena individu bisa saja melihat penampilan fisiknya yang tidak ideal dimata orang lain justru dapat menyebabkan terganggunya konsep diri dalam pikiran individu mengenai bentuk tubuh yang dimilikinya. Sehubungan dengan penelitian ini yang menggunakan subjek mahasiswa angkatan 2021 fakultas dakwah UIN KHAS Jember yang didasari karena adanya ketidakpuasan mahasiswa dalam penampilan mereka dikalangan fakultas dakwah sendiri dan juga karena mahasiswa angkatan 2021 rata-rata umur mereka masuk pada masa remaja akhir menuju dewasa awal yang selalu berubah pada kondisi fisik dan lebih memperhatikan fenomena yang sedang terjadi seperti terkait body shaming.
Peneliti merumuskan apakah terdapat pengaruh body shaming terhadap konsep diri korban pada mahasiswa angkatan 2021 fakultas dakwah UIN KHAS Jember. Tujuan dari penelitian ini untuk membuktikan adanya pengaruh body shaming terhadap konsep diri korban pada mahasiswa angkatan 2021 fakultas dakwah UIN KHAS Jember.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis analisis regresi linear sederhana. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan kriteria purposive sampling dikarenakan sampel harus memiliki kriteria khusus dari populasi penelitian sebagai subjek dan peneliti akan memilih sampel yang sesuai dengan kriteria, karena tidak semua populasi sesuai dengan kriteria. Populasi mahasiswa angkatan 2021 fakultas dakwah UIN KHAS Jember sebanyak 534 sedangkan sampel yang diambil sesuai kriteria sebanyak 30 mahasiswa angkatan 2021 fakultas dakwah UIN KHAS Jember.
Berdasarkan hasil penelitian secara parsial pada variabel body shaming menggunakan tingkat signifikansi 0,05 (a=5%) menunjukkan nilai sig < 0,05 yaitu 0,009 < 0,05 dengan arah negatif. Dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, yaitu terdapat pengaruh yang signikan dengan arah negatif antara body shaming terhadap konsep diri. Artinya semakin tinggi tingkat body shaming maka semakin rendah tingkat konsep diri pada mahasiswa angkatan 2021 fakultas dakwah UIN KHAS Jember, dan begitupun sebaliknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi Islam
Depositing User: Nikmatun Nadhiroh
Date Deposited: 24 Jun 2024 02:25
Last Modified: 08 Aug 2024 02:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33610

Actions (login required)

View Item View Item