Implementasi Pendekatan STEAM (Scince, Technology, Engineering, Art, And Mathematics) Untuk Mengembangkan Kreatifitas Anak Usia 5-6 Tahun Di TK ABA 4 Mangli Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember

Izza, Ahyana (2024) Implementasi Pendekatan STEAM (Scince, Technology, Engineering, Art, And Mathematics) Untuk Mengembangkan Kreatifitas Anak Usia 5-6 Tahun Di TK ABA 4 Mangli Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-018-PIAUD-2024)
SKRIPSI IZZA AHYANA upload.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Izza Ahyana, 2024: Implementasi Pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) Untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di TK ABA 4 Mangli Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Kata Kunci: Pendekatan STEAM, Kreativitas.

Pendekatan STEAM merupakan sebuah pendekatan pembelajaran terpadu yang mendorong anak didik dalam berpikir lebih luas tentang sains, teknologi, teknik, seni dan matematika untuk kehidupan sehari-hari yang dikemas dalam kegiatan pembelajaran yang terintegrasi menyenangkan dan bermakna serta menginspirasi.

Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana Implementasi Pendekatan STEAM untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di TK ABA 4 Mangli Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember? 2) Apa Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Implementasi Pendekatan STEAM untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di TK ABA 4 Mangli Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan implementasi pendekatan STEAM untuk mengembangkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK ABA 4 Mangli Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. 2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pendekatan STEAM untuk mengembangkan kreativitas anak usia 5-6 Tahun di TK ABA 4 Mangli Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian lapangan (field research). Lokasi penelitian ini di TK ABA 4 Mangli Kaliwates Jember. Penentuan informan menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi nonpartisipan, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Analisi data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif sesuai teori Miles, Huberman dan Saldana yaitu: kondensasi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Triangulasi data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Hasil penelitian ini adalah: 1) Implementasi pendekatan STEAM untuk mengembangkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK ABA 4 Mangli yaitu melibatkan semua peserta didik secara aktif dalam pembelajaran yang meliputi komponen Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics untuk bereksplorasi, menemukan serta melakukan percobaan dalam suatu pembelajaran. Sebelum menerapkan 12 anak berada pada tahap Awal Perkembangan, 12 anak Berkembang, dan 21 anak Cakap. Kemudian setelah menerapkan STEAM anak mengalami perkembangan kreativitas yaitu 4 anak berada pada tahap Awal Perkembangan, 13 anak Berkembang, dan 28 anak Cakap. 2) Faktor pendukung: pendidik memiliki kualifikasi pendidikan guru yang linier serta memiliki sumber daya atau fasilitas yang memadadi. Sedangkan Faktor Penghambat: kurangnya pelatihan dan keterampilan guru, serta kurangnya perhatian atau kurang kepedulian orang tua terhadap perkembangan kreativitas anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Izza Ahyana
Date Deposited: 24 Jun 2024 08:03
Last Modified: 24 Jun 2024 08:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33629

Actions (login required)

View Item View Item