MEDIA CETAK DAN PERGULATAN MENGHADAPI DIGITALISASI MEDIA (Studi Kasus Jawa Pos Radar Jember)

Ade Apryanis Dini, Saputri (2024) MEDIA CETAK DAN PERGULATAN MENGHADAPI DIGITALISASI MEDIA (Studi Kasus Jawa Pos Radar Jember). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-051-KPI-2024)
ADE ARYANIS DINI SAPUTRI_D20171070.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Ade Apryanis Dini Saputri, 2024: Media Cetak dan Pergulatan
Menghadapi Digitalisasi Media (Studi Kasus Jawa Pos Radar Jember. Kata Kunci : Media Cetak, Pergulatan, Digitalisasi Media
Perkembangan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah merubah berbagai aspek kehidupan manusia. Dalam bidang industri media, khususnya media cetak, tengah mengalami fase turbulensi yang sangat luar biasa. Seperti di Jawa Pos Radar Jember, Perusahaan media cetak itu tetap survive ditengah digitalisasi. Padahal banyak pembaca mulai mengalami penurunan, karena akses informasi yang didapat lebih cepat dengan memanfaatkan media sosial atau pun media online. Sedangkan, jika menunggu dari pemberitaan media cetak membutuhkan waktu cukup lama.
Fokus masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi edia cetak Jawa Pos Radar mempertahankan medianya ditengah digitalisasi media? 2) Bagaimana upaya pengelola media cetak Jawa Pos Radar Jember mempertahankan medianya ditengah digitalisasi media. 3) Apa implikasi media cetak Jawa Pos Radar Jember dalam menghadai digitalisasi media?
Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui strategi media cetak Jawa Pos Radar Jember Radar mempertahankan medianya ditengah digitalisasi media. 2) Untuk mengetahui upaya pengelola media cetak Jawa Pos Radar Jember mempertahankan medianya ditengah digitalisasi media. 3) Untuk mengetahui implikasi media cetak Jawa Pos Radar Jember bertahan ditengah digitalisasi media.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis studi kasus. Informan dalam penelitian ini terdapat 5 orang termausk direktur dan bagian pengelolaan media cetak. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi.
Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1) faktor yang mendukung media cetak tetap bertahan dikarenakan kualitas Sumber daya Manusia dan kualitas pemberitaan yang dimuat. 2) Upayan yang dilakukan dengan membuat program inovatif dan menyediakan platfom media sosial. 3) implikasinya adalah konten media yang dihasilkan lebih bervariatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190205 Interactive Media
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1903 Journalism and Professional Writing > 190399 Journalism and Professional Writing not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mrs ADE APRYANIS DINI SAPUTRI
Date Deposited: 24 Jun 2024 03:40
Last Modified: 09 Aug 2024 06:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33636

Actions (login required)

View Item View Item