Integrasi nilai-nilai kearifan lokal pada Seni Jaranan Rukun Budoyo Desa Sumbergondo sebagai sumber belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Pertama

Wahyuni, Ainun Fadilah Tri (2024) Integrasi nilai-nilai kearifan lokal pada Seni Jaranan Rukun Budoyo Desa Sumbergondo sebagai sumber belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Pertama. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-033-TADRIS-IPS-2024)
WATERMAK AINUN FIKS.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (24MB)

Abstract

Dalam proses pembelajaram secara umum yang dilakukan guru IPS yang
hanya berpaku dengan materi pembelajaran sehingga pembelajaran terkesan
membosankan dan kurang menarik. Sementara di sekolah hanya menggunakan
model pembelajaran ceramah, dalam model pembelajaran kontektual yang
mengangkat kesenian budaya lokal yang dijadikan solusi agar siswa berperan
lebih aktif dalam proses pembelajaran IPS. Sumber belajar tidak hanya berbentuk
berupa tulisan, akan tetapi lingkungan juga dapat menjadi sumber belajar,
sehingga dalam penelitian ini mengangkat sumber belajar yang berasal dari
lingkungan yaitu integrasi nilai-nilai kearifan pada lokal seni jaranan rukun
budoyo desa sumbergondo sebagai sumber belajar ilmu pengetahuan sosial
sekolah menengah pertama dengan metode kontektual yaitu pembelajaran yang
dilakukan di luar kelas
Fokus penelitian dalam penelitian ini 1). Bagaimana integrasi nilai religius
yang terkandung pada seni jaranan Rukun Budoyo sebagai sumber belajar ilmu
pengetahuan sosial sekolah mengah pertama?, 2). Bagaimana nilai sosial pada
seni jaranan Rukun Budoyo sebagai sumber belajar Ilmu Pengetahuan Sosial
Sekolah Menengah Pertama?
Tujuan penelitian dalam penelitian ini : 1). Mendeskripsikan integrasi nilai
religius yang terkandung pada seni jaranan rukun budoyo desa sumbergondo
sebagai sumber belajar ilmu pengetahuan sosial sekolah menengah pertama
2).mendekripsikan nilai sosial pada seni jaranan rukun budoyo desa sumbergondo
sebagai sumber belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Pertama.
Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif,
dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan model Miles, dan
Huberman. Keabsahan data menggunakan triagulasi teknik, dan triangulasi
sumber.
Hasil dalam penelitian menemukan bahwa seni jaranan rukun budoyo
meliputi 1) nilai religius atau keyakinan dalam seni jaranan ini memiliki ritualritual tertentu yang berhubungan dengan hal-hal ghaib hal ini dilakukan karena
masyarakat di lingkungan setempat masih mempercayai hal tersebut ketika
diadakan grebek suro dan selametan yang dilaksanakan di balai desa setempat
serta di lingkungan seni jaranan yang bertujuan untuk keselamatan menghindari
tolak balak dan salah satu bentuk syukur masyarakat. 2) seni jaranan rukun
budoyo desa sumbergondo ini berkontribusi terhadap sumber belajar ilmu
pengetahuan sosial berupa nilai sosial yang sesuai mapel sosiologi Tema 4:
Pemberdayaan Masyarakat, sub tema: Keragaman kebudayaan di Indonesia
dengan materi :1) Pengaruh Faktor geografis yang mempengaruhi keragaman
budaya, 2) Jenis Keragaman Di Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Ms Ainun Fadilah Tri Wahyuni
Date Deposited: 24 Jun 2024 07:23
Last Modified: 09 Jul 2024 01:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33658

Actions (login required)

View Item View Item