Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Banyuwangi Nomor 3 Tahun 2014 Tentang Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Dalam Meningkatkan Pembangunan Desa Sekitar Kawasan Bandara (Studi Kasus Pada PT. Angkasa Pura II Blimbingsari)

Ilmiyah, Intan (2024) Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Banyuwangi Nomor 3 Tahun 2014 Tentang Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Dalam Meningkatkan Pembangunan Desa Sekitar Kawasan Bandara (Studi Kasus Pada PT. Angkasa Pura II Blimbingsari). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-011-HTN-2024)
INTAN.I Skripsi WMx 12 Juni.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (14MB)

Abstract

Kata Kunci: Implementasi, tanggung jawab sosial, Pembangunan desa.
Tanggung jawab sosial perusahaan (TSP) ataupun yang sering dikenal sebagai corporate social responsibility (CSR) yang bermakna suatu kesepakatan dari negara agar melaksanakan suatu aturan untuk memajukan perusahaan di dunia kedalam terciptanya suatu pembangunan yang berkelanjutan di wilayahnya ataupun meningkatkan perekonomian negara yang berkelanjutan. Adanya Perda No 3 tahun 2014 mewajibkan Perusahaan PT. Angkasa Pura II untuk melaksanakan TSP sebagaimana semestinya. Di Dalam peraturan daerah tersebut menjelaskan bahwa pelaksanaan CSR/TSP harus memperhatikan lingkungan sosial khususnya kebutuhan Masyarakat.
Fokus penelitian pada penelitian ini ialah: Bagaimana Penerapan Peraturan Daerah Kabupaten Banyuwangi Nomor. 3 Tahun 2014 tentang Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dalam meningkatkan Pembangunan Desa sekitar kawasan Bandara pada PT. Angkasa Pura II Blimbingsari? dan Bagaimana Kontribusi Tanggung Jawab Sosial Perusahaan pada PT. Angkasa Pura II terhadap meningkatkan Pembangunan Desa dalam Perspektif Maqashid Syariah ?.
Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk menganalisis penerapan perda Kabupaten Banyuwangi No 3 Tahun 2014 tentang Tanggung Jawab sosial perusahaan dalam meningkatkan pembangunan desa sekitar kawasan bandara pada PT. Angkasa Pura II Blimbingsari. dan Untuk menganalisis kontribusi Tanggung Jawab Sosial Perusahaan pada PT. Angkasa Pura II terhadap meningkatkan pembangunan desa dalam perspektif Maqashid syariah.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ialah yuridis empiris, dengan pendekatan Kualitatif, UU & konseptual. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah, wawancara, dokumentasi dan observasi. analisis data menggunakan triangulasi teknik dan analisis dengan data primer dan sekunder.
Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa bahwa PT. Angkasa Pura II memiliki dalam melaksanakan Perda No. 3 tahun 2014, melalui kebijakan CSR/TSP, pelaksanaan CSR/TSP, dan pengawasan pelaksanaan program CSR/TSP. pelaksanaan TSP oleh perusahaan melanggar beberapa asas dan ketentuan dari peraturan daerah tersebut serta tidak mencapai tujuan yang diinginkan oleh perda no 3 tahun 2014. Sedangkan kontribusi CSR/TSP oleh PT. Angkasa Pura II dilakukan dengan peningkatan kesejahteraan Masyarakat, pemberdayaan ekonomi lokal, dan kontribusi pemberdayaan lingkungan hidup. namun kontribusi yang dilakukan oleh PT. angkasa Pura II tidak memenuhi tujuan dari aspek Maqashid Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180108 Constitutional Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: INTAN ILMIYAH
Date Deposited: 24 Jun 2024 03:44
Last Modified: 17 Jul 2024 06:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33674

Actions (login required)

View Item View Item