Perlindungan Bagi Anak Terlantar Karena Kematian Orang Tua Akibat Wabah (Studi Kasus Di Desa Wonosari kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso Tahun 2020)

TIMA, RAFIATUL GEGE (2024) Perlindungan Bagi Anak Terlantar Karena Kematian Orang Tua Akibat Wabah (Studi Kasus Di Desa Wonosari kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso Tahun 2020). Undergraduate thesis, universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NAMA RAFIATUL GEGE NIM S20173029.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Rafiatul Gege, 2023: Perlindungan bagi anak terlantar karena kematian orang orang akibat wabah (studi kasus didesa wonosari kecamatan grujugan kabupaten bondowoso tahun 2020).

Perlindungan merupakan suatu upaya pemberian bantuan hukum dalam menjaga suatu hukum berfungsi sesuai dengan apa yang ada seperti halnya anak-anak terlantar dipelihara oleh negara akan tetapi dalam kenyataan warga negara tidak terjamin perlindungan hukumnya oleh negara akan tetapi pemerintah tidak pernah menekan perlindungan terhadap anak- anak terlantar terutama pada jaminan keberlangsungan kehidupan anak.
Fokus penelitian diantaranya yaitu: 1) Bagimana Fakta perlindungan hukum terhadap hak-hak anak terlantar akibat wabah di kabupaten bondowoso? 2) Bagaimana bentuk- bentuk pelaksanaan perlindungan anak terlantar akibat wabah di desa wonosari kecamatan grujugan kabupaten bondowoso? 3) Bagaimana problematika pelaksanaan pelindungan anak terlantar karena kematian orang tua akibat wabah di di desa wonosari kecamatan grujugan kabupaten bondowoso?
Penelitian ini penulis menggunakan penelitian hukum empiris. dengan menggunakan metode penelitian yang nantinya akan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang yang menjadi informan. dengan pendekatan kasus. ditambah dengan teknik observasi wawancara dan dokumentasi untuk menambah dan memperkuat data.
penelitian ini sampai pada kesimpulan 1) Memastikan bahwasanya adanya fakta kongkrit dalam memberikan hak-hak perlindungan terhadap anak terlantar yang berkelanjutan antar organisasi yang terlibat dalam pengasuhan anak berkebutuhan khusus dan menerapkan kebijakan untuk mendorong atas rasa percaya diri dalam organisasi tersebut. 2) Harus ada upaya dalam bentuk- bentuk pelaksanaan perlindungan anak terlantar agar program penanganan anak terlantar selama masa adanya wabah sepeti pandemi covid-19 yang saat ini masih ada dikembangkan untuk mendatang pada dasarnya landasan pada empat program pokok, yaitu: a. program penanganan anak terlantar berbasis masyarakat, b. program perlindungan sosial bagi anak Artinya kedepannya Sejauh ini Mungkin harus dikurangi program-program bantuan, dan sebaliknya diupayakan untuk lebih menekan pada bentuk bantuan yang dapat berfungsi sebagai asuransi sosial bagi anak-anak terlantar dan keluarganya di masa wabah yang terjadi. 3) Seharusnya ada suatu penyelesaian suatu problem pelaksanaan perlindungan anak terlantar dengan memberikan pendidikan yang layak pemenuhan hak hidup, kesejahteraan dan sesuai dengan tujuan pendirian negara republik indonesia dangan dasar mensejahterakan seluruh rakyatnya tanpa terkecuali.
Kata Kunci: Perlindungan anak, Terlantar, Kematian, Wabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: S20173029 RAFIATUL GEGE Tima
Date Deposited: 25 Jun 2024 03:54
Last Modified: 25 Jun 2024 03:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33675

Actions (login required)

View Item View Item