Strategi Dalam Manajemen Risiko Investasi Deposito Di PT. BPR Bapuri Jember

Alhab, Ramadhan (0024) Strategi Dalam Manajemen Risiko Investasi Deposito Di PT. BPR Bapuri Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-079-PS-2024)
SKRIPSI Watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Bapuri Jember, sebagai bagian penting dari perekonomian lokal, menghadapi tantangan dan peluang unik dalam pengelolaan deposito. Meskipun mengalami fluktuasi, pertumbuhan yang signifikan dalam jumlah tabungan mencerminkan kepercayaan nasabah terhadap keamanan dan ketersediaan dana mereka. Manajemen risiko yang baik dalam mengidentifikasi serta mengelola risiko potensial, seperti risiko kredit dan likuiditas, menjadi kunci kesuksesan BPR Bapuri dalam menghimpun simpanan dan menjaga kinerja keuangan yang stabil.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: Bagaimana strategi dalam manajemen risiko investasi deposito pada PT. BPR Bapuri Jember? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi manejemen risiko investasi deposito pada PT. BPR Bapuri Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian analisis data penelitian ini menggunakan model analisis interaktif sebagaimana diungkapkan Miles dan Huberman dengan empat tahap, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa penerapan manajemen risiko investasi deposito di PT. BPR Bapuri Jember melibatkan proses sistematis dari identifikasi hingga pengendalian risiko. Dengan komitmen kuat, perusahaan menggunakan pendekatan komprehensif dengan kolaborasi antar departemen, pedoman LPS dan OJK, serta pemantauan berkala. Langkah-langkah proaktif, strategi mitigasi, dan kepatuhan regulasi memastikan tidak hanya stabilitas keuangan dan operasional, tetapi juga memperkuat posisi perusahaan di pasar keuangan.Kata kunci: Strategi Manajemen Risiko, Investasi Deposito

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mn Ramadhan Alhab
Date Deposited: 24 Jun 2024 08:30
Last Modified: 11 Jul 2024 04:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33681

Actions (login required)

View Item View Item