Strategi pembelajaran individual dan klasikal dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an Calon Guru Qiraati di Lembaga Program Dewasa Qiraati Kecamatan Panti

Hartini, Kartika Dwi (2024) Strategi pembelajaran individual dan klasikal dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an Calon Guru Qiraati di Lembaga Program Dewasa Qiraati Kecamatan Panti. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK - 015 - PAI - 2024)
Kartika Dwi Hartini T20191012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci : Strategi, pembelajaran, individual, klasikal

Al-Qur’an merupakan kitab suci yang harus dipelajari setiap muslim, sehingga mereka memiliki kemampuan membaca dengan baik dan benar. Salah satu upaya Lembaga Program Dewasa Qiraati adalah melakukan pembinaan bagi calon guru dengan menggunakan strategi pembelajaran individual dan klasikal. Dua pendekatan tersebut, bertujuan untuk menyamakan proses pembelajaran metode Qiraati, yang dibuktikan dengan perolehan syahadah sebagai tanda bahwa mereka dinyatakan lulus dan boleh mengajar menggunakan metode Qiraati.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimana strategi pembelajaran individual dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an calon guru Qiraati di Lembaga Program Dewasa Qiraati Kecamatan Panti? (2) Bagaimana strategi pembelajaran klasikal dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an calon guru Qiraati di Lembaga Program Dewasa Qiraati Kecamatan Panti?
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan strategi pembelajaran individual dan klasikal dalam meningkatkan kemampuan membaca Al- Qur’an calon guru Qiraati di Lembaga Program Dewasa Qiraati Kecamatan Panti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara semiterstruktur dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, penelitian ini menggunakan teknik analisis berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil kesimpulan dari penelitian ini ditemukan bahwa strategi pembelajaran Qiraati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an calon guru Qiraati selama 4 bulan di lembaga program dewasa Qiraati menggunakan: (1) Strategi pembelajaran individual dalam pelaksanaannya identik dengan model inkuiri terbimbing atau (guided inkuiri) dimana guru memberikan petunjuk atau bimbingan secara jelas kepada calon guru (2) Strategi pembelajaran klasikal identik dilaksanakan seperti pembelajaran kontekstual dimana strategi ini menekankan kepada proses penyampaian materi secara verbal dari seorang guru kepada sekelompok peserta pembinaan dengan maksud agar dapat menguasai materi pelajaran secara optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Kartika Dwi Hartini
Date Deposited: 24 Jun 2024 07:15
Last Modified: 02 Jul 2024 04:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33687

Actions (login required)

View Item View Item