HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VII DI SMPN 2 PORONG TAHUN PELAJARAN 2023-2024

Nashirotulchoiriyah, UIN Khas Jember (2024) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VII DI SMPN 2 PORONG TAHUN PELAJARAN 2023-2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nashirotul_skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Kecerdasan emosional merupakan susuatu kemampuan seseorang dalam mengenali emosi diri, mengelolah emosi diri memiliki sifat empati dan kerja sama dengan orang lain. Pada siswa kelas VII kecerdasan emosional sangat perlu diterapkan guna mencapai suatu keberhasilan dalam berlajarnya, yang dibuktikan dengan adanya motivasi belajar.
Rumusan masalah pada penelitian ini apakah ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan motivasi belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Soial kelas VII di SMPN 2 Porong. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidak ada hubungan kecerdasan emosional dengan motivasi belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VII di SMPN 2 Porong.
Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional, dengan menggunakan populasi siswa kelas VII SMPN 2 Porong sebanyak 72 orang. Teknik pengambilan sempel menggunakan Teknik sampling random dengan menggunakan subjek sebanyak 72 orang. Adapun Teknik pengumpulan data menggunakan, observasi, dokumentasi danangket atau kuesioner. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan skala kecerdsan emosional dengan motivasi belajar.
Hasil penelitian ini menunjukkan nilai koefisien 0,896 yang berarti korelasi antar variable kecerdasan emosional dengan motivasi belajar memiliki hubungan yang sangat kuat dan berkorelasi positif. Tingkat kecerdasan emosional pada siswa kelas VII SMPN 2 Porong berada pada kategori sedang dengan presentase mencapai 65,2% hal tersebut dipengaruhi oleh factor dari dalam individu dan tingkatmotivasi belajar pada siswa kelas VII SMPN 2 Porong berada pada kategori sedang dengan presentase 69,7% hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa factor diantaranya kurang fokus dalam belajar didalam kelas , sering tidak mengerjakan tugas. Pada nilai taraf signifikasi yang diperoleh nilai sebesar 0,000 < 0,05 yang jika diinterprestasikan hasil tersebut terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan motivasi belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas VII di SMPN 2 Porong.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1116 Medical Physiology > 111699 Medical Physiology not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Ms Nashirotul Choiriyah
Date Deposited: 24 Jun 2024 03:27
Last Modified: 03 Jul 2024 04:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33702

Actions (login required)

View Item View Item