ANALISIS KASUS STRICT PARENTS DALAM PEMBENTUKAN MENTAL ANAK PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (STUDI KASUS KELURAHAN MANGLI KECAMATAN KALIWATES KABUPATEN JEMBER)

Aninditasari, Galuh (2024) ANALISIS KASUS STRICT PARENTS DALAM PEMBENTUKAN MENTAL ANAK PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (STUDI KASUS KELURAHAN MANGLI KECAMATAN KALIWATES KABUPATEN JEMBER). Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-049-HK-2024)
GALUH ANINDITASARI_201102010021.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian bermula dari peristiwa strict parents yang berlangsung di Kelurahan Mangli Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Peristiwa tersebut ialah adanya orang tua yang menggunakan pola asuh otoriter terhadap anaknya, di mana pola asuh tersebut bisa berdampak pada pertumbuhan mental anak sedangkan dalam hukum Islam orang tua mempunyai kewajiban untuk melindungi anak. Dengan timbulnya peristiwa tersebut, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian ini.
Fokus permasalahan pada penelitian ini ialah 1) Bagaimana bentuk pola asuh strict parents dalam pembentukan mental anak di Kelurahan Mangli Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember? 2) Bagaimana pandangan hukum Islam terhadap pola asuh strict parents di Kelurahan Mangli Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember?.
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui bentuk pola asuh strict parents dalam pembentukan mental anak di Kelurahan Mangli Kecamatan kaliwates Kabupaten Jember, dan 2) Untuk mengetahui pandangan hukum Islam pada pola asuh strict parents di Kelurahan Mangli Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian hukum jenis empiris dengan pendekatan sosiologis dan menggunakan data primer dan data sekunder yang didapat dengan menggunakan teknik wawancara dan teknik observasi. Untuk menguji kredibilitas data, penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah 1) bentuk pola asuh strict parents yang ada di Kelurahan Mangli Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember adalah pola asuh yang menuntut anaknya secara memaksa dan menghukum apabila tidak mematuhinya, selain itu orang tua juga cenderung memiliki komunikasi yang rendah dengan anaknya. Pola asuh strict parents dapat mengakibatkan tidak stabilnya emosi sering merasa stres dan cemas yang berlebihan. Faktor yang mendasari pola asuh tersebut ialah kurangnya pemahaman orang tua terhadap pola asuh yang baik untuk diterapkan kepada anaknya. 2) Pandangan hukum Islam atas Pola asuh strict parents yang identik dengan orang tua yang mengekang dan menghukum anak Kelurahan Mangli Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember yaitu tidak sesuai dengan Al-Quran, hadits, dan pendapat beberapa ulama. Sebab pola asuh tersebut dapat berdampak buruk bagi kondisi fisik dan mental anak, Selain itu hukuman yang diterapkan tidak sesuai dengan yang anjuran yang telah ditetapkan dalam Al-Quran, hadits, dan pendapat beberapa ulama, yang mana hukuman tersebut dapat menyakiti dan melukai anak-anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Ms Galuh Aninditasari
Date Deposited: 24 Jun 2024 04:49
Last Modified: 18 Jul 2024 02:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33707

Actions (login required)

View Item View Item