Parenting Dalam Penafsiran Qs. Ali Imran Ayat 35-37 (Kajian Tafsir Lisan Ustadhah Oki Setiana Dewi)

Tsani, Dina Mutiara (2024) Parenting Dalam Penafsiran Qs. Ali Imran Ayat 35-37 (Kajian Tafsir Lisan Ustadhah Oki Setiana Dewi). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
PARENTING DALAM PENAFSIRAN QS.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dina Mutiara Tsani, 2024: Parenting dalam Penafsiran QS. Ali Imran Ayat 35-37 (Kajian Tafsir Lisan Ustadhah Oki Setiana Dewi)
Kata Kunci: Parenting, Ali Imran, Ustadhah Oki Setiana Dewi, Tafsir Lisan.
Parenting merupakan konsep tindakan orang tua dalam mengasuh, membimbing serta memberikan contoh kepada anaknya setiap hari. Saat ini, menjadi orang tua yang baik tidak cukup dengan melahirkan dan membesarkan anak secara materi saja. Faktanya, sangat sering dijumpai tentang permasalahan yang berhubungan dengan anak seperti kenakalan remaja, yang akar permasalahan tersebut juga berasal dari lingkungan keluarga yakni orang tua. Ilmu parenting ini sangat penting untuk diketahui dan dipelajari secara mendalam oleh setiap orang tua agar mereka tidak salah dalam bagaimana cara mengasuh dan mendidik anak-anaknya, karena hal ini dapat mempengaruhi karakter dan masa depan seorang anak.
Fokus penilitian dalam penelitian ini, yakni: 1) Bagaimana parenting dalam surah Ali Imran ayat 35-37 menurut penjelasan Ustadhah Oki Setiana Dewi? 2) Bagaimana karakteristik kelisanan Ustadhah Oki Setiana Dewi dalam menjelaskan parenting pada surah Ali Imran ayat 35-37?. Sedangkan tujuan penelitiannya yakni: 1) Untuk mendeskripsikan parenting dalam surah Ali Imran ayat 35-37 menurut penafsiran Ustadhah Oki Setiana Dewi. 2) Untuk mengidentifikasi karakteristik kelisanan Ustadhah Oki Setiana Dewi dalam menjelaskan parenting pada surah Ali Imran ayat 35-37.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan memfokuskan data yang ada dengan menggunakan pendekatan etnografi virtual. Objek utama dalam penelitian ini menggunakan kajian dalam media sosial, kemudian hasil data yang diperolah dari video ceramah Ustadhah Oki Setiana Dewi akan dianalisis dan dijelaskan secara rinci dengan memasukkan data pendukung yang bersumber dari buku, jurnal maupun hasil penelitian dengan tema yang serupa (library research). Sedangkan dalam analisisnya, penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif analisis.
Hasil penelitian ini, yakni: 1) Parenting menurut Ustadhah Oki dalam surah Ali Imran ayat 35-37 pada video ceramahnya, yakni: orang tua harus mempunyai tekad yang besar untuk anaknya nanti bahkan sebelum sang anak dilahirkan, orang tua harus memberikan nama yang baik untuk anaknya, orang tua harus senantiasa mendo’akan anaknya setiap hari secara rutin dan detail, orang tua harus memberikan pengasuh terbaik di tempat terbaik, dan yang orang tua harus memberikan anaknya makanan yang halal dan toyyib. 2) Karakteristik kelisanan Ustadhah Oki menggunakan model komunikasi Lasswell yang terdiri dari lima tahap dan dapat ditarik kesimpulan bahwa video ceramah tersebut banyak diminati oleh kalangan perempuan khususnya seorang ibu. Dalam menjelaskan, Ustadhah Oki menyampaikan dengan bahasa yang lugas dan selalu memberikan contoh serta kisah pengalaman orang disekitar yang disangkutpautkan dalam kehidupan sehari-hari di zaman sekarang sehingga ceramah tersebut mudah dimengerti dan difahami.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Ms Dina Mutiara Tsani
Date Deposited: 24 Jun 2024 08:16
Last Modified: 24 Jun 2024 08:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33709

Actions (login required)

View Item View Item