Pengaruh Aktifitas Kajian Agama Terhadap Peningkatan Motivasi Ibadah Anggota Majelis Dzikir At-Taubah Desa Sumberagung Kecamatan Sumberbaru Jember

Safira, Fika (2024) Pengaruh Aktifitas Kajian Agama Terhadap Peningkatan Motivasi Ibadah Anggota Majelis Dzikir At-Taubah Desa Sumberagung Kecamatan Sumberbaru Jember. Undergraduate thesis, Uin Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FIKA SAFIRA - 204103010022.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fika Safira, Prof. Dr. Ahidul Asror, M.Ag. 2024 : Pengaruh Aktifitas Kajian Agama Terhadap Peningkatan Motivasi Ibadah Anggota Majelis Dzikir At-Taubah Desa Sumberagung Kecamatan Sumberbaru Jember

Kata Kunci: Ibadah, Kajian Agama, Motivasi.
Ibadah merupakan hal yang wajib dilakukan oleh semua umat islam sebagai bentuk pengabdiannya kepada Allah SWT. Rendahanya kesadaran untuk melaksanakan ibadah maka diperlukan sebuah dorongan atau motivasi yakni dengan mengikuti aktifitas agama yang ada ditengah masyarakat. Majelis Dzikir yang didalamnya terdapat kajian agama atau ta’lim merupakan salah satu aktifitas yang dapat dilakukan oleh masyarakat utamanya di Desa Sumberagung untuk memberikan motivasi agar semangat melaksanakan ibadah.
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini sesuai dengan rumusan masalah yang ditetapkan yakni: 1.) Untuk mengetahui pengaruh aktifitas kajian agama terhadap peningkatan motivasi ibadah anggota majelis Dzikir At-Taubah Desa Sumberagung Kecamatan Sumberbaru Jember. 2.) Seberapa besar pengaruh yang dihasilkan melalui adanya aktifitas kajian agama terhadap peningkatan mtivasi ibadah anggota Majelis Dzikir At-Taubah Desa Sumberagung Kecamatan Sumberbaru jember. Terdapat 2 variabel yang ditetapkan dalam penelitin ini meliputi, variabel independen (aktifitas kajian agama) terhadap variabel bebas (motivasi ibadah).
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian kausatif untuk mengatahui seberapa jauh variabel independen mempengaruhi variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 170 orang dengan jumlah sample yang ditetapkan sebanyak 67 orang anggota Majlis Dzikir yang terdiri dari 35 perempuan dan 32 laki-laki. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simple random samping dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk kemudian diolah pada SPSS versi 23 (Statistical Product and Service Solutions). Analisis yang digunakan ialah uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji regresi linear sederhana, dan uji hipotesis.
Hasil uji T telah menunjukkan bahwa aktifitas kajian agama berpengaruh terhadap motivasi beragama dengan nilai T hitung lebih besar dari nilai T tabel yakni, 6,389 > 1,667 yang menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Sementara, besarnya pengaruh anatara aktifitas kajian agama terhadap motivasi ibadah juga terlihat melalui Uji F dengan nilai F hitung lebih besar dari F tabel yakni 40,820 > 3,98 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Nilai signifikansi uji F 0,000 < 0,05 yang berarti H1 bernilai positif. Dua variabel aktifitas kajian agama benar-benar berpengaruh secara bersama-sama atau simultan terhadap motivasi ibadah Anggota Majelis Dzikir At-Taubah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Fika Safira
Date Deposited: 24 Jun 2024 08:15
Last Modified: 24 Jun 2024 08:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33724

Actions (login required)

View Item View Item