Peran E-court Dalam Mewujudkan Penyelenggaraan Peradilan Yang Sederhana, Cepat dan Biaya Ringan di Pengadilan Negeri BONDOWOSO Kelas 1B

Umaima, Nadifa (2024) Peran E-court Dalam Mewujudkan Penyelenggaraan Peradilan Yang Sederhana, Cepat dan Biaya Ringan di Pengadilan Negeri BONDOWOSO Kelas 1B. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-014-HTN-2024)
Nadifa Umaima_201102030002.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Nadifa Umaima, 2024. Peran E-Court Dalam Mewujudkan Penyelenggaraan Peradilan yang Sederhana, Cepat Dan Biaya Ringan Di Pengadilan Negeri Bondowoso Kelas Ib.

Kata kunci : E-Court, Peradilan Sederhana, Cepat, Biaya Ringan, Pengadilan Negeri Bondowoso.

Peradilan di Indonesia dihadapkan pada berbagai tantangan, salah satunya adalah lambatnya proses persidangan dan tingginya biaya perkara. Hal ini menyebabkan masyarakat kesulitan dalam mendapatkan akses peradilan yang adil dan murah. Untuk mengatasi hal tersebut, Mahkamah Agung Republik Indonesia meluncurkan sistem E-Court sebagai solusi untuk mewujudkan peradilan yang sederhana, cepat, dan biaya ringan.
Dalam Penelitian ini terdapat 2 fokus penelitian yakni : (1) Bagaimana peran E-Court di Pengadilan Negeri Bondowoso Kelas IB berkontribusi terhadap penyederhanaan proses peradilan?, (2) Apa saja hambatan yang dihadapi dalam penerapan E-Court di Pengadilan Negeri Bondowoso Kelas IB untuk mencapai tujuan peradilan yang sederhana, cepat, dan biaya ringan?. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran E-Court dalam mewujudkan penyelenggaraan peradilan yang sederhana, cepat, dan biaya ringan di Pengadilan Negeri Bondowoso Kelas Ib.
Penelitian ini memakai metode penelitian yuridis empiris dengan pendekatan kualitatif. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan hakim, panitera, dan pihak berperkara di Pengadilan Negeri Bondowoso. Data primer diperoleh melalui pendekatan peraturan perundang-undangan dengan pendekatan studi kasus.
Kesipulannya bahwa 1.) E-Court telah memberikan peran yang signifikan dalam mewujudkan peradilan yang sederhana, cepat, dan biaya ringan di Pengadilan Negeri Bondowoso. E-Court telah mempermudah proses pendaftaran perkara, pemanggilan pihak berperkara, persidangan, dan penyampaian putusan. E-Court juga telah mengurangi biaya perkara dan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan perkara. 2.) Hambatan dalam penerapan E-Court di Pengadilan Negeri Bondowoso, seperti kendala teknis yang dipengaruhi oleh jaringan internet, ketidak sesuaian norma hukum yang terkait dalam perma nomor. 4 tahun 2020 tentang upaya hukum banding dan kasasi yang sudah bisa diakses melalui E-Court , dan suatu kendala pencocokan bukti surat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180123 Litigation, Adjudication and Dispute Resolution
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Nadifa Umaima
Date Deposited: 24 Jun 2024 07:08
Last Modified: 17 Jul 2024 06:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33749

Actions (login required)

View Item View Item