Aktivitas Nongkrong Dan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Di Caffe Shop Dalam Perspektif Islam (Studi Mahasiswa UIN KHAS Jember)

putri Cantika, Marcella (2024) Aktivitas Nongkrong Dan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Di Caffe Shop Dalam Perspektif Islam (Studi Mahasiswa UIN KHAS Jember). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Ahmad Shiddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI_MARCELLA PUTRI CANTIKA FIX-1.pdf

Download (991kB)

Abstract

Nongkrong merupakan aktifitas yang menarik minat mahasiswa mereka disana dapat berinteraksi serta melakukan berbagai aktifitas disana. Maraknya caffe shop di kota jember membuat eksistensinya melejit di kalangan mahasiswa, hal tersebut yang menyebabkan terjadinya gayahidup baru dan komunikasi interpersonal di dalam aktivitas tersebut.peneliti memilih dua caffe shop yang dijadikan lokasi penelitian yakni Kancah Anyar Caffe dan Morojoyo Caffe. Disini peneliti memilih tempat tersebut karena tempat tersebu mendapatkan reting tinggi di google serta telah di liput oleh konten kreator dan media massa.
Fokus masalah yang ada di dalam skripsi ini yakni: 1) Bagaimana aktivitas nongkrong mahasiswa UIN KHAS Jember di Kancah Anayar Caffe dan Morojoyo Caffe sebagai gaya hidup menurut perspektif islam?. 2) Bagaimana komunikasi interpersonal yang di lakukan oleh mahasiswa UIN KHAS JEMBER saat mengunjungi caffe shop dalam perspektif islam?
Tujuan penelitian dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana aktivitas nongkrong mahasiswa UIN KHAS Jember di Kancah Anayar Caffe dan Morojoyo Caffe sebagai gaya hidup menurut perspektif islam. 2) Untuk mengetahui Bagaimana komunikasi interpersonal yang di lakukan oleh mahasiswa UIN KHAS JEMBER saat mengunjungi caffe shop dalam perspektif islam.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi yang peneliti pilih untuk melakukan penelitian adalah kancah anyar caffe dan morojoyo caffe. Peneliti menggunakan metode purposive untuk mengumpulkan data, dan analisis data yang di lakukan oleh peneliti yakni: reduksi data, penyajian data, verifikasi dan kesimpulan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya aktivitas nongkrong dan komunikasi interpersonal mahasiswa di caffe shop yang mana aktivitas nongkrong tersebut dapat menimbulkan gaya hidup baru mahasiswa dan juga adanya interaksi mereka saat mengunjungi caffe shop. Gaya hidup mahasiswa saat melakukan aktifitas nongkrong di caffe shop dapat dilihat dari mereka yang mengonsumsi makanan dan minuman yang ada di caffe shop sembari menikmati fasilitas yang ada seperti wifi gratis.Komunikasi interpersonal yang terjadi saat melakukan aktivitas nongkrong di caffe shop biasanya di isi dengan mengerjakan tugas, ngonrol ringan, diskusi, sharing bersama, hingga bermain game dilakukan disana, sehingga caffe shop menjadi media untuk melakukan proses komunikasi interpersonal.. Hal tersebut menandakan bahwa aktivitas nongkrong di caffe shop bukan hanya untuk mengisi waktu luang saja melainkan juga dapat menambah wawasan, mendapatkan ide baru dan menambah relasi juga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160805 Social Change
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: ms marce Putri Cantika
Date Deposited: 25 Jun 2024 02:57
Last Modified: 25 Jun 2024 02:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33761

Actions (login required)

View Item View Item