Strategi peningkatan partisipasi masyarakat dalam pemilihan umum 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum perspektif maqashid syariah (studi kasus Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jember)

Permana, Khuncoro Kadidan (2024) Strategi peningkatan partisipasi masyarakat dalam pemilihan umum 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum perspektif maqashid syariah (studi kasus Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jember). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-026-HTN-2024)
Khuncoro Kadidan Permana_204102030001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Pemilihan umum merupakan fondasi utama demokrasi yang diadopsi oleh Indonesia sebagai ajang untuk memilih seorang pemimpin, sebagai sistem pemerintahan yang berlandaskan kedaulatan rakyat. Dalam upaya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilihan umum yang dilakukan sebagai pelaksanaan demokrasi, dibutuhkan yang namanya strategi. Strategi sangat penting karena strategi merupakan salah satu cara untuk mencapai keberhasilan suatu tujuan. Maqashid Syariah, sebagai konsep hukum Islam yang mendasari kemaslahatan hidup manusia, memberikan landasan filosofis bagi pelaksanaan pemilu yang adil, demokratis, dan berkeadilan.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana upaya atau strategi KPU Kabupaten Jember untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilih pada pemilihan umum 2024? 2) Bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan strategi yang dihadapai KPU Kabupaten Jember dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilih pada pemilihan umum 2024 di Kabupaten Jember? 3) Bagiamana strategi peningkatan partisipasi pemilih dalam menggunakan hak pilih pada pemilihan umum 2024 di Kabupaten Jember ditinjau dari perspektif maqashid syariah?
Tujuan penelitian yaitu: 1) Untuk mengetahui bagaimana upaya atau strategi KPU Kabupaten Jember dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya dalam pemilihan umum 2024. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat yang dihadapi KPU Kabupaten Jember dalam pelaksanaan upaya atau strateginya dalam meningkatkan partisipasi masyarakat pada pemilihan umum 2024. 3) Untuk mengetahui bagaimana tinjauan maqashid syariah mengenai perealisasian partisipasi pemilih dalam menggunakan hak pilihnya pada pemilihan umum 2024.
Skripsi ini adalah penelitian empiris di bidang yuridis dengan pendekatan sosiologi hukum. Fokusnya adalah menganalisis perilaku hukum dalam konteks interaksi dengan masyarakat. Metode pengumpulan data melibatkan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data mencakup tahap kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa 1) KPU Kabupaten Jember melakukan sosialisasi langsungsung dan tidak langsung sebagai strategi peningkatan partisipasi masyarakat dalam pemilu 2024. 2) Salah satu faktor pendorong KPU Kabupaten Jember dalam meningkatkan partisipasi politik karena memang itu adalah tanggung jawab KPU yang telah diatur dalam Undang-undang. Dan kesadarn politik masyarakat adalah salah satu faktor penghambat KPU Kabupaten jember dalam meningkatkan partisipasi masyarakat. 3) Strategi atau upaya KPU Kabupaten Jember dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dapat dikelompokkan kedalam prinsip maqashid syariah, sehingga dapat mengetahui strategi apa yang lebih utama digunakan dalam peningkatan partisipasi.
Kata Kunci: Pemilihan Umum, Strategi KPU Jember, Maqashid Syariah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180108 Constitutional Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180119 Law and Society
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Khuncoro Kadidan Permana
Date Deposited: 24 Jun 2024 07:37
Last Modified: 17 Jul 2024 07:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33762

Actions (login required)

View Item View Item