Peranan guru fikih dalam meningkatkan ketaatan ibadah shalat peserta didik kelas X3 di Madrasah Aliyah Nurul Hikam Kesambirampak Kapongan Situbondo tahun Pelajaran 2023/2024

Salama, Siti (2024) Peranan guru fikih dalam meningkatkan ketaatan ibadah shalat peserta didik kelas X3 di Madrasah Aliyah Nurul Hikam Kesambirampak Kapongan Situbondo tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-043-PAI-2024)
SITI SALAMA_204101010086.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Siti Salama, 2024: Peranan Guru Fikih Dalam Meningkatkan Ketaatan Ibadah Shalat Peserta Didik Kelas X3 di Madrasah Aliyah Nurul Hikam Kesambirampak Kapongan Situbondo Tahun Pelajaran 2023/2024.

Kata Kunci : Peranan Guru, Mata Pelajaran Fikih, Ketaatan Ibadah Shalat.

Peranan guru fikih selain ia menyampaikan, ia juga memberi keteladanan dalam kehidupan sehari-hari terhadap peserta didik yang ia didik, selain itu ia juga menjadi motivator dimana ia memberikan motivasi kepada peserta didiknya, dan yang tak kalah penting adalah ia jua menjadi pembimbing bagi peserta didiknya. Ketaatan ibadah shalat di MA Nurul Hikam adalah hal yang harus diperhatikan dan dipahami oleh peserta didik baik di lingkungan madrasah maupun di luar madrasah.
Fokus penelitian ini adalah: 1. Bagaimana peranan guru fikih sebagai teladan dalam meningkatkan ketaatan ibadah shalat peserta didik Kelas X3 di MA Nurul Hikam Kesambirampak Kapongan Situbondo? 2. Bagaimana peranan guru fikih sebagai motivator dalam meningkatkan ketaatan ibadah shalat peserta didik Kelas X3 di MA Nurul Hikam Kesambirampak Kapongan Situbondo? 3. Bagaimana peranan guru fikih sebagai pembimbing dalam meningkatkan ketaatan ibadah shalat peserta didik Kelas X3 di MA Nurul Hikam Kesambirampak Kapongan Situbondo?
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis data yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yaitu Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan/Verifikasi. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) Peranan guru fikih sebagai teladan dalam meningkatkan ketaatan ibadah shalat peserta didik kelas X3 di Madrasah Aliyah Nurul Hikam Kesambirampak Kapongan Situbondo yaitu ikut serta dalam kegiatan yang ada di madrasah seperti shalat jamaah, menjaga tingkah laku nya seperti ucapan dan penampilannya di lingkungan madrasah maupun luar madrasah. Melibatkan semua guru dalam pembacaan surah-surah pendek sebelum pembelajaran dimulai. 2) Peranan guru fikih sebagai Motivator dalam meningkatkan ketaatan ibadah shalat peserta didik kelas X3 di MA Nurul Hikam Kesambirampak Kapongan Situbondo yaitu mengadakan kajian 1 bulan sekali atau disebut dengan “kuliah umum” dan metode yang digunakan dalam kajian adalah metode ceramah, menganalisis motif-motif yang menyebabkan peserta didik malas mengikuti kegiatan shalat jamaah. 3) Peranan guru fikih sebagai pembimbing dalam meningkatkan ketaatan ibadah shalat peserta didik kelas X3 di MA Nurul Hikam Kesambirampak Kapongan Situbondo yaitu memanggil peserta didik yang bermasalah untuk diberikan bimbingan khusus, membantu peserta didik dalam mengatasi masalah, dan memberikan hukuman kepada peserta didik yang telat dan tidak mengikuti kegiatan shalat jamaah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Salama
Date Deposited: 24 Jun 2024 07:39
Last Modified: 24 Jun 2024 07:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33781

Actions (login required)

View Item View Item