Pengembangan media Posbuk (Poster Buku) berbasis Pictoral Riddle pada pembelajaran IPA materi pencemaran lingkungan kelas VII Di MTs Miftahul Huda.

Rohmatin, Umi (2024) Pengembangan media Posbuk (Poster Buku) berbasis Pictoral Riddle pada pembelajaran IPA materi pencemaran lingkungan kelas VII Di MTs Miftahul Huda. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-027-TADRIS-IPA-2024)
Skripsi Umi Rohmatin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (58MB)

Abstract

ABSTRAK

Umi Rohmatin, 2024. Pengembangan Media PosBuk (Poster Buku) Berbasis Pictorial Riddle Pada Pembelajaran IPA Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII di MTs Miftahul Huda

Kata Kunci : PosBuk, Pictorial Riddle, Pencemaran Lingkungan

Pembelajaran merupakan proses yang dilakukan oleh guru dan siswa untuk mengembangkan kreativitas daya berfikir siswa. Di sekolah tingkat menengah pertama, buku mata pelajaran masih menjadi media pembelajaran yang sering dipakai. Namun, media tersebut dianggap terlalu monoton sehingga seringkali siswa merasa bosan dan sulit memahami materi yang ada, terutama ketika mempelajari materi seperti pencemaran lingkungan. Masalah ini teridentifikasi di MTs Miftahul Huda, Kertonegoro, Jember. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan media pembelajaran PosBuk dengan model pembelajaran inkuiri berbasis pictorial riddle untuk mendukung proses pembelajaran di kelas dan meningkatkan pemahaman siswa mengenai materi IPA. Pembelajaran dengan media PosBuk (poster buku) digunakan sebagai media yang dapat menarik minat siswa dengan materi yang di ajarkan dalam bentuk gambar. Media ini dapat meningkatkan cara berfikir siswa dengan berbagi kuis yang tersedia. PosBuk merupakan media yang berisi kumpulan gambar yang dijadikan kuis untuk siswa. Oleh karena itu, penggunaan media ini dapat melibatkan secara maksimal kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, logis, sehingga siswa dapat merumuskan sendiri penemuannya.
Penelitian ini bertujuan untuk, 1) Menilai tingkat validitas media pembelajaran Poster buku berbasis pictorial riddle materi pencemaran lingkungan. 2) Menganalisis respons siswa terhadap penggunaan media pembelajaran Poster buku berbasis pictorial riddle materi pencemaran lingkungan.
Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Alasan dari pemilihan model pengembangan ini adalah karena tahapan-tahapan dasar desain pengembangan ADDIE sederhana, mudah dipelajari, simpel serta mudah dipraktikkan dalam pengembangan.
Hasil validasi media pembelajaran PosBuk berbasis pictorial riddle oleh ahli materi mendapat nilai 89,33%, penilaian oleh ahli media sebesar 82,85%, dan penilaian oleh pengguna atau guru sebesar 85,88%. Hal tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran PosBuk berbasis pictorial riddle dinyatakan sangat valid. Respon siswa terhadap media pembelajaran PosBuk berbasis pictorial riddle memperoleh nilai sebesar 85,83%, untuk hasil evaluasi diperoleh nilai rata-rata 77,6 menunjukkan bahwa media pembelajaran ini menarik dan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Umi U R
Date Deposited: 24 Jun 2024 08:10
Last Modified: 09 Jul 2024 00:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33791

Actions (login required)

View Item View Item