Eksplorasi motivasi belajar siswa melalui media Quizizz Paper Mode pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jelbuk Tahun Pelajaran 2023/2024

Maqhfiroh, Kamaliatul (2024) Eksplorasi motivasi belajar siswa melalui media Quizizz Paper Mode pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jelbuk Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK - 017 - PAI - 2024)
Kamaliatul Maqhfiroh_202101010094.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Dalam meningkatkan motivasi belajar siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jelbuk dipengaruhi oleh faktor internal maupun eksternal, salah satunya berupa faktor kurangnya penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Maka untuk dapat meningkatkan motivasi belajar siswa diperlukan suatu media yang menarik dan baik digunakan dalam kegiatan pembelajaran seperti media Quizizz. Quizizz tidak hanya sekedar mengerjakan soal-soal kuis saja, akan tetapi dapat meningkatkan pemahaman, motivasi dan pengalaman belajar siswa.
Fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana penerapan Quizizz Paper Mode untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas VIII E SMPN 1 Jelbuk? 2) Bagaimana respons siswa terhadap Quizizz Paper Mode dalam meningkatkan motivasi belajar pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas VIII E SMPN 1 Jelbuk?.
Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi partisipan aktif, wawancara tidak terstruktur melalui responden guru PAI dan siswa kelas VIII E dan dokumentasi berupa RPP, silabus, soal Quizizz, transkip wawancara, foto dan video. Teknik analisis data menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana yakni kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data penelitian ini yaitu triangulasi sumber melalui guru PAI dan siswa kelas VIII E dan triangulasi teknik melalui observasi wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian sebagai berikut: 1) Penerapan Quizizz dalam kegiatan pembelajaran dipengaruhi oleh motivasi intrinsik dan ekstrinsik. Pada motivasi intrinsik siswa ditunjukkan adanya kepuasan terhadap soal dan nilai yang diperoleh dari Quizizz, serta memberikan sebuah pengalaman belajar yang menarik. Sedangkan pada motivasi ekstrinsik terkait kelayakan dan kenyamanan belajar siswa di lingkungan sekolah, fasilitas sekolah, interaksi sosial guru dan siswa, penyesuaian bahan ajar yang tepat, pengakuan dan apresiasi seperti ucapan selamat, pemberian thumbs up dan applause. 2) Respons terhadap penerapan Quizizz dalam kegiatan pembelajaran berupa respons verbal dan non verbal. Respons verbal berupa respons secara lisan dan tertulis melalui teknik wawancara yang menunjukkan bahwa dengan adanya penerapan materi melalui media Quizizz dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Kemudian respons non verbal dalam penerapan Quizizz berupa adanya pemberian petunjuk penggunaan Quizizz, thumbs up dan applause kepada siswa, pengamatan terhadap tingkah laku dan ekspresi siswa yang menunjukkan perasaan senang, antusias, ceria dan semangat, serta pemberian tampilan gambar atau video menarik pada soal-soal Quizizz.

Kata kunci: Eksplorasi, Motivasi Belajar, Quizizz Paper Mode

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Kamaliatul Maqhfiroh
Date Deposited: 24 Jun 2024 08:34
Last Modified: 02 Jul 2024 04:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33800

Actions (login required)

View Item View Item