Pengembangan Modul IPA Berbasis Integrasi Sains- Islam Dengan Model Pembelajaran Inovatif Melalui Pemaknaan Pada Materi Tekanan Zat Kelas VIII Di SMP Plus Darus Sholah Jember

himmah, arini faekotul (2024) Pengembangan Modul IPA Berbasis Integrasi Sains- Islam Dengan Model Pembelajaran Inovatif Melalui Pemaknaan Pada Materi Tekanan Zat Kelas VIII Di SMP Plus Darus Sholah Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-019-IPA-2024)
Skripsi Arini Faekotul Himmah Watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Pengembangan Modul IPA, Berbasis Integrasi Sains-Islam, Model

Pembelajaran Inovatif Melalui Pemaknaan Penelitian ini mengembangkan produk berupa bahan ajar yang dapat menjadi penguat materi tekanan zat di SMP Plus Darus Sholah. Produk yang dikembangkan berupa modul. Modul merupakan bahan ajar cetak yang dirancang untuk dapat dipelajari secara mandiri oleh peserta didik dan dirancang secara sistematis dan menarik sehingga peserta didik dapat melakukan kegiatan belajar tanpa kehadiran guru secara langsung. Produk modul berisi materi tekanan zat yang berbasis integrasi sains islam. Pengintegrasian dalam pengembangan modul ini menggunakan pendekatan integrasi- interkoneksi yang dicetuskan oleh Prof. Dr. M. Amin Abdullah dan pendekatan integrasi dengan model pembelajaran inovatif berbasis pemakanaan yang dipelopori oleh Prof Dr. Muslimin Ibrahim, M.Pd.

Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana validitas terhadap Pengambangan Modul IPA Berbasis Integrasi Sains dan Islam pada Materi Tekanan Zat Kelas VIII di SMP Plus Darus Sholah Jember. (2) Bagaimana respon siswa terhadap Pengambangan Modul IPA Berbasis Integrasi Sains dan Islam pada Materi Tekanan Zat Kelas VIII di SMP Plus Darus Sholah Jember. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan validitas terhadap Pengambangan Modul IPA Berbasis Integrasi Sains dan Islam pada Materi Tekanan Zat Kelas VIII di SMP Plus Darus Sholah Jember. (2) Mendeskripsikan respon siswa terhadap Pengambangan Modul IPA Berbasis Integrasi Sains dan Islam pada Materi Tekanan Zat Kelas VIII di SMP Plus Darus Sholah Jember.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan yang dikemukakan oleh Thiagarajan yaitu 4-D (Define, Desaign, Develop, dan Disseminate). Namun pada penelitian ini dibatasi hanya sampai tahap Develop, tidak sampai tahap Disseminate dikarenakan keterbatasan waktu dan biaya serta pada penelitian ini tidak diteliti kefektifan kegiatan pembelajaran menggunakan modul yang telah dikembangkan. Validasi modul dilakukan oleh ahli materi, media, Al-Qur‟an dan Tafsir serta ahli praktisi. Uji respons produk dilakukan dengan uji skala kecil terhadap 6 peserta didik dan uji skala besar terhadap 35 orang peserta didik.

Hasil penelitian yang didapatkan rata-rata presentase uji validasi dengan memperoleh nilai 93% oleh ahli materi dengan kategori “Sangat Valid”, ahli media 95,11% dengan kategori “Sangat Valid”, ahli Al-Qur‟an dan Tafsir 93,82% dengan kategori “Sangat Valid” dan ahli praktisi 87,14% dengan kategori “Sangat Valid”. Uji respons skala kecil 81,83% dengan kategori “Valid” dan Uji respons skala besar 83,46% dengan kategori “Valid”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul IPA ini dapat digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0202 Classical Physics > 020303 Fluid Physics
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Arini Faekotul Himmah
Date Deposited: 25 Jun 2024 02:18
Last Modified: 04 Jul 2024 06:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33816

Actions (login required)

View Item View Item