Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Gaya dan Gerak Kelas VII di SMP Plus Darus Sholah Jember

Dewi, Syahrani (2024) Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Gaya dan Gerak Kelas VII di SMP Plus Darus Sholah Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-020-IPA-2024)
SKRIPSI (SYAHRANI DEWI) - WaterMark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci: LKPD, PBL, ADDIE

Perkembangan pembelajaran didalam lingkungan pendidikan tidak lepas dari kreativitas dan ketekunan, hal ini bertujuan agar seorang pendidik mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan baik. Dalam kurikulum merdeka peserta didik dituntut untuk aktif dan kreatif, akan tetapi disisi lain seorang pendidik harus lebih bisa memilih ide-ide atau gagasan untuk bisa mengembangkan kreativitas peserta didik agar peserta didik mampu mengikuti pembelajaran dengan baik dan bisa memahami hal – hal apa saja yang harus dipahami dalam pembelajaran tersebut dan bisa mencapai tujuan pembelajaran yang di harapkan.

Rumusan masalah pada penelitian ini (1) Bagaimana validitas bahan ajar Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL pada materi gaya dan gerak kelas VII di SMP Plus Darus Sholah Jember? (2)Bagaimana respon siswa terhadap bahan ajar Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi gaya dan gerak kelas VII di SMP Plus Darus Sholah Jember? Adapun tujuan penelitian ini yakni(1) Untuk mengetahui validitas bahan ajar (2) Untuk mengetahui respon siswa terhadap bahan ajar.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Reseach and Develompment). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE, yaitu Analyze (analisis), Design (desain), Develop (pengembangan), Implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Namun, pada penelitian ini dibatasi hanya sampai tahap Implamentation (implementasi), tidak sampai tahap evaluation (evaluasi) dikarenakan keterbatasan waktu dan biaya serta pada penelitian ini tidak diteliti keefektivan kegiatan pembelajaran menggunakan LKPD yang telah dikembangkan. Validasi LKPD ini dilakukan oleh ahli materi, ahli media,ahli bahasa, dan ahli pengguna. Uji respons produk dilakukan dengan uji skala kecil terhadap 6 orang peserta didik dan uji skala besar terhadap 30 peserta didik.

Hasil dari penelitian ini yaitu (1) hasil rata-rata presentase uji validasi dari ahli materi 73.00% , validasi dari ahli media sebesar 64.00%, validasi dari ahli bahasa 35.00 % dan yang terakhir validasi guru mata pelajaran IPA sebesar 59.00 % sehingga rata-rata dari validasi sebesar 57.75% masuk dalam kategori cukup valid. (2)Uji coba skala kecil didapatkan hasil rata-rata presentase sebesar 61.81%, dilanjut ke uji coba skala besar didapatkan rata-rata presentase sebesar 64.41% yang berarti sangat valid atau layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0202 Classical Physics > 020399 Classical Physics not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Syahrani Dewi
Date Deposited: 25 Jun 2024 04:01
Last Modified: 04 Jul 2024 06:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33817

Actions (login required)

View Item View Item