Pengembangan media Word Wall asa pembelajaran 2023-2024 Kelas 1 Mi Fathus Salafi Ajung Jember

Tria ningsih, Kormila (2024) Pengembangan media Word Wall asa pembelajaran 2023-2024 Kelas 1 Mi Fathus Salafi Ajung Jember. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK - 034 - PGMI - 2024)
kormila Tria Ningsih_T20194120.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK

Kormila Tria Ningsih, 2023: Pengembangan media word wall dalam meningkatkan kelancaran membaca siswa kelas 1 MI Fathus Salafi ajumg jember

Kata Kunci: Pengembangan, media word wall dalam meningkatkan kelancaran membaca.
Media pembelajaran menjadi salah satu pokok penting yang memberikan pengaruh dalam proses belajar untuk itu perlu memilah, membuat, dan memilih media pembelajaran yang cocok dan sesuai dengan karakter siswa. di MI Fathus Salafi ditemukan bahwa di sana tidak tersedia media pembelajaran yang berupa poster Abjad, hewan, buah, benda namun hal ini memberikan pengaruh terhadap proses belajar siswa, di dalam kelas siswa merasakan kejenuhan saat belajar karena terlalu monoton. Melihat dari kakteristik dan gaya belajar siswa mereka lebih aktif jika ada pembelajaran berbasis permainan, untuk itu media word wall cocok digunakan dalam proses pembelajaran khususnya pada materi bunyi dan pancaindra. Penggunaan media word wall ini digunakan dengan harapan agar proses belajar lebih aktif, dan siswa tidak merasa jenuh saat belajar sehingga materi yang di berikan dapat di ingat oleh siswa. Apalagi penggunaan media word wall ini akan lebih cocok lagi jika dipadukan dengan model pembelajaran mind mapping
Berdasarkan latar belakang penelitian penelitian ini di lakukan dengan rumusan pemasalahan yaitu: 1) Bagaimana pengembangan media word wall dengan model pembelajaran mind mapping kelas I pada pelajaran Bahasa Indonesia MI Fathus salafi?. 2) Bagaimana kelayakan media word wall dengan model pembelajaran mind mapping kelas I pada pelajaran Bahasa Indonesia MI Fathus salafi, ?
Jenis penilitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni R&D (research and development) atau penelitian dan pengembangan. Dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi.
Bedasarkan hasil penelitian pengembangan media word wall dengan model pembelajaran mind mapping pada pelajaran Bahasa Indonesia dapat di simpulkan bahwa Pengembangan media word wall dari segi desain terdapat Abjad warna-warna yang bervariasi, gambar-gambar yang terdapat di kartu terlihat sangat jelas, dan media word wall termasuk media visual, kemudian dari segi bahasa yang digunakan dapat dipahami oleh siswa. Kelayakan media word wall diketahui dengan melakukan validasi, validasi ini dilakukan sebagai acuan sebelum melakukan uji coba media. Validasi dilakukan oleh 3 validator yakni validator ahli media dengan rata-rata 93,75% validator ahli materi dengan rata-rata 100% dan validator ahli pembelajaran dengan rata-rata 100% dengan ini nilai keseluruhan yang di dapat rata-rata 97,92% yang dinyatakan valid dan layak untuk digunakan. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media yang di kembangkan sangat valid dan layak untuk digunakan. Kemudian hasil analisis angket repon guru dan siswa dapat diketahui bawah angket repon guru menjukkan angka 100% dengan kategori sangat setuju dan skor rata-rata angket repon siswa menujukkan angka 98,97% dengan kategori sangat setuju. Berdasarkan analisis nilai rata-rata dari keduanya yakni 99,48% dengan kriteria sangat setuju. Dari hasil tersebut dapat dilihat bawah media Word Wall sangat menarik untuk digunakan saat pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130213 Vocational Education and Training Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Kormila Ningsih
Date Deposited: 25 Jun 2024 04:19
Last Modified: 03 Jul 2024 03:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33824

Actions (login required)

View Item View Item