Pengaruh Model Pembelajaran Disovery Learning Menggunakan LKPD Terhadap Literasi Sains dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Metabolisme Sel Kelas XII Mipa di SMA Negeri Ambulu Jember

Oktafia, Riskana (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Disovery Learning Menggunakan LKPD Terhadap Literasi Sains dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Metabolisme Sel Kelas XII Mipa di SMA Negeri Ambulu Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-006-TADRIS-BIO-2024)
SKRIPSI RISKANA OKTAFIA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (14MB)

Abstract

ABSTRAK
Riskana Oktafia, 2024 : Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan LKPD Terhadap Literasi Sains Dan Hasil Belajar Pada Materi Metabolisme Sel Kelas XII MIPA Di SMA Negeri Ambulu Jember.
Kata Kunci : Discovery learning, LKPD, literasi sains, hasil belajar

Pembelajaran saat ini menggunakan kurikulum 2013 yaitu dimana pembelajaran tidak lagi berpusat pada guru. Kurikulum 2013 menekankan supaya di dalam proses pembelajaran dapat bersifat aktif dan pendidik hanya bersifat sebagai fasilitator agar peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang nyata secara mandiri. Dan sesuai dengan observasi disekolah SMA Negeri Ambulu mengenai rendahnya literasi sains disekolah serta kurang maksimalnya hasil belajar siswa, maka dari itu sangat perlu adanya pembelajaran Discovery Learning dengan menggunakan LKPD pada materi metabolisme sel dalam pelaksanaan pembelajarannya. Hal ini mengisyaratkan bahwa proses belajar mengajar Biologi di sekolah perlu diperluas ruang lingkupnya dan ditingkatkan kualitas pembelajarannya.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk : 1) mendeskripsikan literasi sains siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah menggunakan LKPD, 2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah menggunakan LKPD, 3) Untuk mengetahui pengaruh signifikan model pembelajaran Discovery Learning menggunakan LKPD, 4) Untuk mengetahui pengaruh signifikan model pembelajaran Discovery Learning menggunakan LKPD.
Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. . Pengambilan sampel dilakukan dengan jenis Purposive Sampling dimana kelas XII MIPA 2 Sebagai kelas Eksperimen dan Kelas XII MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Instrument pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar angket dan soal post test. Terknik analisis data menggunakan uji independent sample T-test.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Discovery Learning menggunakan LKPD (kelas eksperimen) memiliki literasi sains lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Direct Instruction atau pembelajaran langsung (kelas kontrol); 2)Siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Discovery Learning menggunakan LKPD (kelas eksperimen) memiliki hasil belajar lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Direct Instruction atau pembelajaran langsung (kelas kontrol); 3) Ada pengaruh yang signifikan terhadap literasi sains siswa kelas XII MIPA di SMA Negeri Ambulu Jember dengan nilai (4,672) > (1,994) pada taraf signifikansi 0,05 dan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,002 < 0,05 dengan df = 70; 4) Ada pengaruh yang signifikan dengan nilai terhadap hasil belajar dengan nilai (5,090) > (1,994) pada taraf signifikansi 0,05 dan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,002 < 0,05 dengan df =70.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130213 Vocational Education and Training Curriculum and Pedagogy
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1901 Art Theory and Criticism > 190103 Art Theory
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: S. Pd Riskana Oktafia
Date Deposited: 25 Jun 2024 03:48
Last Modified: 25 Jun 2024 03:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33829

Actions (login required)

View Item View Item