SAMSUL, ARIFIN (2020) Manajemen Kurikulum Berbasis Kearifan Lokal di Madrasah Tsanawiyah Al-Ishlah Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Islam Program Studi Manajemen Pendidikan Islam.
Text
SAMSUL ARIFIN_084143024.pdf Download (3MB) |
Abstract
Samsul Arifin, 2019: Manajemen Kurikulum Berbasis Kearifan Lokal di Madrasah Tsanawiyah Al-Ishlah Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Madrasah Tsanawiyah Al-Ishlah Jenggawah Jember merupakan salah satu madrasah yang menerapkan program pendidikan berbasis kearifan lokal melalui kurikulum. Penerapan program pendidikan berbasis kearifan lokal ini merupakan salah satu fenomena yang unik ditengah-tengah kondisi berlangsungnya praktik pendidikan yang cenderung mengabaikan nilai-nilai kebudayaan para pendahulunnya. Dalam hal ini terdapat tiga hal yang menjadi tiga fokus penelitian, yakni: 1. Bagaimana perencanaan kurikulum berbasis kearifan lokal di MTs AlIslah Jenggawah Jember tahun pelajaran 2019/2020? 2. Bagaimana pelaksanaan kurikulum berbasis kearifan lokal di MTs Al-Islah Jenggawah Jember tahun pelajaran 2019/2020? 3. Bagaimana evaluasi kurikulum berbasis kearifan lokal di MTs Al-Islah Jenggawah Jember tahun pelajaran 2019/2020. Tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) Mendeskripsikan perencanaan kurikulum berbasis kearifan lokal di MTs Al-Ishlah Jenggawah Jember Tahun pelajaran 2019/2020 (2) Mendeskripsikan pelaksanaan kurikulum berbasis kearifan lokal di MTs Al-Ishlah Jenggawah Jember Tahun pelajan 2019/2020 (3) Mendeskripsikan evaluasi kurikulum berbasis kearifan lokal di MTs Al-Ishlah Jenggawah Jember Tahun pelajaran 2019/2020? Penelitian ini menggunkan pendekatan kualitatif deskriptif dengan rancangan penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan menggunakan observasi nonpartisipan, wawancara semiterstuktur, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Data dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Sedangkan keabsahan data dilihat dari triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan hasil temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa nilainilai kearifan lokal yang ditanamkan di MTs Al-Ishlah Jenggawah Jember tahun pelajaran 2019/2020 berupa olah pangan, kerajinan tangan, pengelolaan lingkungan dan juga bahasa yang dilakukan dalam bentuk kurikulum formal dan juga kurikulum tidak formal yang berupa kegiatan ekstrakurikuler dan pembiasaan. (1) perencanaan kurikulum berbasis kearifan lokal di Madrasah Tsanawiyah Al-Ishlah Jenggawah Jember tahun 2019/2020 yaitu meliputi perumusan tujuan kurikulum, perumusan isi kurikulum, merancang strategi pembelajaran dan strategi penilaian. (2) pelaksanaan dapat dilihat dari dua aspek yaitu pelaksanaan pada tingkat madrasah dan kelas. Dan (3) evaluasi dilakukan dalam tiga aspek yaitu aspek input, aspek proses dan aspek hasil.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | m muhammad fadil |
Date Deposited: | 11 Apr 2022 08:01 |
Last Modified: | 11 Apr 2022 08:01 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3383 |
Actions (login required)
View Item |