Kompetensi pedagogi guru Ilmu Pengetahuan Sosial dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka pada siswa Kelas VII Di SMP Negeri 2 Ambulu Tahun Pelajaran 2023/2024

Wardhana, Yanuar Aghis (2024) Kompetensi pedagogi guru Ilmu Pengetahuan Sosial dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka pada siswa Kelas VII Di SMP Negeri 2 Ambulu Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-038-TADRIS-IPS-2024)
REVISI SKRIPSI AGIS (1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (18MB)

Abstract

Merdeka Belajar ini didefinisikan sebagai model pembelajaran yang bisa memberi kesempatan pada didik untuk dapat belajar dengan cara yang tenang, santai, tidak terpaksa, dan tentunya menyenangkan. Tujuan utama pembelajaran Merdeka adalah tidak adanya paksaan atau tuntutan dalam berpikir kreatif dan mandiri. Sebagai tujuan utama, guru berperan sebagai kekuatan pendorong di balik perilaku yang baik bagi peserta didik, yang mana dapat memberikan pengaruh yang baik pada minat dan bakat peserta didik. Adapun peran pendidik juga tidak dapat digantikan karena meskipun terdapat kebebasan bagi peserta didik, guru masih berperan penting dalam perkembangan minat dan bakat peserta didik. Fokus penelitian skripsi ini adalah: 1) Bagaimana kompetensi pedagogi guru IPS dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Ambulu? 2) Apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Ambulu?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan jenis pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara,dokumentasi, dan analisis data. Deskriptif kualitatif dengan model Miles dan Huberman, yaitu dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: 1.) Dari hasil wawancara dan observasi yang telah dilakukan oleh peneliti di tempat lokasi penelitian, maka dengan ini peneliti bisa menyimpulkan bahwasannya guru IPS yang ada di SMP Negeri 2 ambulu pada saat proses pembelajaran sudah mulai memahami tata cara mengimplementasikan kurikulum merdeka kepada peserta didik. 2.) Kompetensi pedagogi guru IPS dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar telah memberikan dampak positif pada siswa dengan menciptakan pembelajaran yang lebih menarik. Akan tetapi masih ada beberapa hal yang ditemui hambatan dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka yaitu kurangnya pehaman guru senior yang terkendala dengan faktor usia untuk memahami tentang kurikulum merdeka,bahkan dari orang tua siswa sehingga menghambat proses pembelajarn.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Ms. Yanuar Aghis Wardhana
Date Deposited: 24 Jun 2024 07:59
Last Modified: 09 Jul 2024 01:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33833

Actions (login required)

View Item View Item