Perbedaan keterampilan proses sains Siswa berdasarkan gaya belajar pada materi Sistem Sirkulasi Darah Kelas XI MIPA di MAN 1 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024

Laily, Izza Noer (2024) Perbedaan keterampilan proses sains Siswa berdasarkan gaya belajar pada materi Sistem Sirkulasi Darah Kelas XI MIPA di MAN 1 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-007-TADRIS-BIO-2024)
Izza Noer Laily Tadris Biologi SKRIPSI.pdf - Accepted Version

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perbedaan gaya belajar setiap siswa. Siswa visual belajar melalui sesuatu yang mereka lihat, sehingga mereka lebih suka mencatat, rapi dan suka melihat gambaran. Siswa auditorial belajar dengan cara mendengar,sehingga mereka lebih mudah mencerna, mengolah dan menyampaikan informasi dengan mendengarkan secara langsung. Sedangkan kinestetik belajar dengan gerak, bekerja dan menyentuh, sehingga mereka senang dengan aktivitas fisik. Perbedan gaya belajar tersebut mengakibatkan kemampuan setiap siswa juga berbeda, termasuk kemampuan keterampilan proses sains. Karena aspek keterampilan proses sains masuk ke dalam ciri-ciri setiap jenis gaya belajar. Oleh karena itu, perlu adanya penelitian mengenai perbedaan keterampilan proses sains siswa berdasarkan gaya belajar.Rumusan masalah yang menjadi kajian pokok yaitu: 1) Bagaimana gaya belajar siswa kelas XI MIPA di MAN 1 Jember pada materi sistem sirkulasi darah?; 2) Bagaimana tingkat keterampilan proses sains siswa kelas XI MIPA di MAN 1 Jember pada materi sistem sirkulasi darah?; 3) Adakah perbedaan keterampilan proses sains siswa berdasarkan gaya belajar kelas XI MIPA di MAN 1 Jember pada materi sistem sirkulasi darah?Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan rancangan komparatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling, dengan jumlah sampel 60 siswa dari kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 5. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi dan dokumentasi dengan menggunakan instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi, instrumen angket dan instrumen dokumentasi. Untuk menganalisis data digunakan uji one way anova dengan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Siswa dengan gaya belajar visual sebanyak 26 siswa atau 44%, siswa auditorial sebanyak 20 siswa atau 33% dan siswa kinestetik sebanyak 14 siswa atau 23%; 2) Siswa yang mempunyai keterampilan proses sains dengan kategori sangat baik diperoleh sebanyak 53 siswa atau 88% dan siswa yang mempunyai keterampilan proses sains dengan kategori baik diperoleh sebanyak 7 siswa atau 12%; 3) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan proses sains siswa berdasarkan gaya belajar pada materi sistem sirkulasi darah kelas XI MIPA di MAN 1 Jember tahun pelajaran 2023/2024 dengan hasil uji One Way Anova didapatkan nilai Fhitung sebesar 0,138 dan Ftabel sebesar 3,16 sehingga Fhitung < Ftabel, sedangkan nilai probabilitas (Sig) = 0,872 > nilai α = 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0606 Physiology > 060603 Animal Physiology - Systems
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130209 Medicine, Nursing and Health Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Miss Izza Noer Laily
Date Deposited: 25 Jun 2024 02:37
Last Modified: 04 Jul 2024 05:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33834

Actions (login required)

View Item View Item