Refleksi dialogis praktik ibadah haji melalui media pembelajaran diorama Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan 08 Ma'arif Nahdatul Ulama Wuluhan Jember

Jannah, Lailia Kholifatul (2024) Refleksi dialogis praktik ibadah haji melalui media pembelajaran diorama Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan 08 Ma'arif Nahdatul Ulama Wuluhan Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text (SK - 006 - PAI - 2024)
Skripsi liaa final WM.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Lailia Kholifatul Jannah. 2024: Refleksi Dialogis Praktik Ibadah Haji Melalui
Media Pembelajaran Diorama Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan 08
Ma‟arif Nahdatul Ulama Wuluhan Jember.
Kata kunci: Refleksi, Ibadah haji, Media pembelajaran diorama.
Refleksi merupakan sebuah usaha guru untuk mengingat dan
mengevaluasi apa saja yang sudah dilakukan selama proses pembelajaran. Praktik
refleksi penggunaan media diorama haji ini dilakukan karena melihat kondisi
kelas yang tidak kondusif, susah diatur, serta siswa bosan karena pembelajaran
cenderung monoton, oleh karena itu peneliti berkolaborasi dengan guru PAI untuk
menciptakan suatu media pembelajaran yang dapat merubah kondisi kelas
tersebut, maka terciptalah sebuah media pembelajaran Diorama Haji. Praktik
refleksi di SMK 08 Ma‟arif NU diklasifikasikan menjadi empat yaitu before
action, in action, on action serta for action.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana guru PAI
melakukan refleksi dialogis terkait pembelajaran ibadah haji. 2) Bagaimana guru
PAI merefleksi penggunaan media diorama pada materi haji di SMK 08 Ma‟arif
NU Wuluhan Jember.
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan bagaimana guru PAI
melakukan refleksi dialogis terkait pembelajaran ibadah haji. 2) Mendeskripsikan
bagaimana guru PAI merefleksi penggunaan media diorama terkait materi haji di
SMK 08 Ma‟arif NU Wuluhan Jember.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif reflektif,
adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, refleksi
diaogis dan dokumen review. Keabsahan data penelitian ini menggunakan
triangulasi teknik, triangulasi sumber serta triangulasi waktu.
Dalam penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Setelah melakukan
refleksi dialogis in action yang ditemukan adalah terdapat beberapa kekurangan
saat pembelajaran berlangsung, diantara kurangnya kesiapan guru dalam
mengajar, kelas ramai tidak kondusif, siswa bosan karena pembelajaran monoton.
Lalu on action yang ditemukan yaitu guru sudah menyadari bahwa refleksi
penting dilakukan setelah proses pembelajaran berlangsung sedangkan for action
yang ditemukan adalah guru ingin memperbaiki manajemen kelas dan
menciptakan suatu media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. 2)
Setelah melakukan refleksi kedua dengan menggunakan media diorama saat
mengajar in action yang ditemukan adalah tidak ditemukan kendala atau masalah
selama pembelajaran berlangsung, serta kelas kondusif. On action yang
ditemukan adalah respon siswa sangat antusias dan lebih berkonsentrasi saat
belajar. Serta for action yang ditemukan adalah memperbaiki dan melengkapi
kekurangan yang ada didalam diorama untuk pembelajaran berikutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Lailia kholifatul Jannah
Date Deposited: 25 Jun 2024 03:46
Last Modified: 02 Jul 2024 05:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33836

Actions (login required)

View Item View Item