Pengaruh Etos Kerja Islam dan Kedisiplinan terhadap Kinerja Karyawan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lumajang

Deby, Masnunah (2024) Pengaruh Etos Kerja Islam dan Kedisiplinan terhadap Kinerja Karyawan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Deby Masnunah_D20194022.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata kunci: etos kerja Islam, kedisiplinan, dan kinerja karyawan.

Kinerja karyawan merupakan faktor krusial yang menentukan keberhasilan suatu organisasi. Etos kerja dan disiplin kerja memainkan peran penting dalam membentuk kepribadian dan sikap kerja karyawan. Nilai-nilai etos kerja Islam dapat mendorong karyawan untuk bekerja secara optimal dan berorientasi pada kualitas. Sementara kedisiplinan membantu karyawan untuk mematuhi aturan dan kebijakan yang telah ditetapkan, baik tertulis maupun tidak tertulis, sehingga menciptakan lingkungan kerja yang teratur dan efisien.
Rumusan masalah dalam penelitian ini: 1) Bagaimana pengaruh etos kerja Islam terhadap kinerja karyawan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lumajang? 2) Bagaimana pengaruh kedisiplinan terhadap kinerja karyawan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lumajang? Adapun tujuan penelitiannya: 1) Untuk mengetahui pengaruh etos kerja Islam terhadap kinerja karyawan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lumajang. 2) Untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan terhadap kinerja karyawan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lumajang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kausalitas. Teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh dengan jumlah sampel 50 karyawan. Teknik pengumpulan data: observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu analisis regresi linier berganda dengan alat bantu SPSS versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua variabel memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan, yang berarti bahwa peningkatan etos kerja Islam dan kedisiplinan dapat membawa dampak positif terhadap pencapaian organisasi. Diperoleh nilai signifikansi untuk kedua variabel etos kerja Islam dan kedisiplinan yaitu 0,002 dan 0,000, yang keduanya ≤ 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150310 Organisation and Management Theory
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Ms Deby Masnunah
Date Deposited: 24 Jun 2024 08:52
Last Modified: 24 Jun 2024 08:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33840

Actions (login required)

View Item View Item