Pengembangan Scrapbook Model Entrepreneurship Materi Perubahan Lingkungan Untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Kelas X di MAN 2 Jember

Dini Agustin, Alina (2024) Pengembangan Scrapbook Model Entrepreneurship Materi Perubahan Lingkungan Untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Kelas X di MAN 2 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-008-TADRIS-BIO-2024)
AlinaDiniAgustin_202101080004_Pengembangan Scrapbook Model Entrepreneurship Materi Perubahan Lingkungan Untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Kelas X di MAN 2 Jember.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Alina Dini Agustin, 2024: Pengembangan Media Scrapbook Model Entrepreneurship Materi Perubahan Lingkungan untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Kelas X di MAN 2 Jember.
Kata Kunci : Model Scrapbook, Entrepreneurship, Minat Belajar.
Proses pembelajaran adalah aktivitas yang berhubungan erat antara guru dan peserta didik sebagai bentuk interaksi bertukar informasi dalam proses pembelajaran di sekolah. Namun masih banyak guru mengalami hambatan dalam proses belajar mengajar. Solusi yang dapat dilakukan dengan menggunakan media pembelajaran seperti scrapbook. Scrapbook merupakan cabang seni menempel yang memuat banyak fitur gambar dan memuat catatan penting berkaitan dengan gambar yang didesain sesuai materi yang akan dipelajar.
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan kevalidan pengembangan media scrapbook berbasis entrepreneurship materi perubahan lingkungan untuk menumbuhkan minat belajar siswa kelas X di MAN 2 Jember. 2) Mendeskripsikan respon siswa terhadap pengembangan media scrapbook berbasis entrepreneurship materi perubahan lingkungan untuk meningkatkan minat belajar kelas X di MAN 2 Jember. 3) Mendeskripsikan keefektifan media scrapbook berbasis entrepreneurship materi perubahan lingkungan untuk menumbuhkan minat belajar siswa kelas X di MAN 2 Jember.
Jenis penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari Analyze (analisis), Design (desain), Develop (pengembangan), Implement (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Kemudian populasi pada penelitian ini adalah kelas X C di MAN 2 Jember. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Hasil validasi dari ahli media mendapatkan persentase rata- rata sebesar 85% dengan kategori sangat valid, penilaian dari ahli materi mendapatkan presentase sebesar 97% dengan kategori sangat valid, hasil validasi guru Biologi mendapatkan presentase sebesar 93% dengan kategori sangat valid. 2) Presentase hasil uji respon siswa sebesar 81% dengan kategori sangat praktis. 3) Hasil angket minat belajar peserta didik skala besar mendapatkan presentase rata- rata 86% dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil tersebut, media pembelajaran scrapbook model entrepreneurship materi perubahan lingkungan dapat dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran serta efektif menumbuhkan minat belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0599 other environmental sciences > 059999 Environmental Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Alina Dini Agustin
Date Deposited: 25 Jun 2024 03:18
Last Modified: 08 Jul 2024 06:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33855

Actions (login required)

View Item View Item